JPU Tak Berfungsi

JPU Tak Berfungsi

  Rabu, 11 November 2015 09:28
MATI: Warga Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan saat menunjukkan lampu penerangan jalan umum mati. AIRIN//PONTIANAK POST

Berita Terkait

Sejumlah masyarakat mengkritik lampu penerangan jalan umum tak berfungsi di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan. Ini karena lampu penerangan jalan umum yang terpasang mati total. Sehingga kondisi jalan gelap, rentan terjadi kecelakaan dan rawan tindak kejahatan. "Sejak awal pemasangan lampu jalan hanya terang tidak lama. Setelah beberapa minggu kemudian lampu jalan sebagian mati total," ucap Warga Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan Atyan (49), Selasa (10/11) kepada Pontianak Post.

Dia mengatakan penyebab padam lampu penerangan jalan umum tidak diketahui masyarakat. Sehingga kondisi jalan umum gelap dan kendaraan roda dua maupun roda empat mesti berhati-hati melintasi wilayah Kelurahan Sagatani di Kecamatan Singkawang Selatan.  Ia menuturkan bahwa lampu penerangan jalan umum dibiayai masyarakat. Hasilnya dikelola pemerintah daerah melalui intansi pemerintahan Dinas Pekerjaan Umum Kota Singkawang. Tetapi apa yang diharapkan masyarakat terkait penerangan jalan umum tidak sesuai dengan fakta dilapangan.

"Masyarakat di sini membayar pajak tiap bulan untuk lampu penerangan jalan umum. Tapi lampu yang terpasang tidak berfungsi dan mati total. Ini hanya menghabiskan anggaran dan keuangan negara karena tidak ada manfaatnya sama-sekali," tukas ayah tiga anak tersebut. Humas PLN Area Singkawang, Wawan, mengatakan terkait masalah lampu penerangan jalan umum padam bukan masalah jaringan listrik. Tetapi masalah tersebut dialami lampu itu sendiri yang rusak. Ini bisa dilihat dari jaringan listrik hidup di rumah warga yang ada di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan.

"Jika aliran listrik dirumah warga hidup. Pasti lampu penerangan jalan umum juga ikut menyala. Tetapi kendalanya ada pada lampu penerangan jalan umum yang tidak mau menyala," ungkapnya saat dikonfirmasi Pontianak Post. Dia menyampaikan bahwa lampu penerangan jalan umum ditangani intansi pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Singkawang. Sehingga permasalahan lampu jalan mesti diketahui pihak terkait supaya cepat ditangani dengan baik.

Ia mengungkapkan selain itu lampu penerangan jalan umum dikelola berdasarkan kebijakan pemerintah daerah. Sehingga bentuk padamnya lampu jalan langsung dipertanyakan kepada pihak yang bertanggungjawab atas pengelolaan lampu penerangan jalan umum. "Kalau tidak menyala lampu jalan umum lebih baik tanya langsung dengan Dinas PU Kota Singkawang. Karena mereka yang bertanggungjawab terhadap lampu penerangan jalan umum," ungkapnya. Saat media Pontianak Post mengkonfirmasi tentang lampu penerangan jalan umum Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Singkawang Asir bungkam tidak bisa ditemui dan dihubungi. (irn)

Berita Terkait