Jokowi Buka Sail Karimata

Jokowi Buka Sail Karimata

  Sabtu, 15 Oktober 2016 08:44

Berita Terkait

SUKADANA – Puncak Festival Sail Selat Karimata akan berlangsung hari ini, 15 Oktober 2016. Presiden Joko Widodo sudah tiba di Tanah Kayong, Jumat (14/10) kemarin untuk meresmikan festival yang digelar di Pantai Pulau Datok tersebut.

Jokowi menumpang helikopter kepresidenan jenis super puma. Sebelumnya, Presiden tiba lebih dulu di Pontianak dengan pesawat kepresidenan sekitar pukul 16.00 kemarin.  

Mantan Wali Kota Solo itu disambut Gubernur Kalbar Cornelis, Wakil Gubernur Christiandy Sanjaya, Pangdam XII Tanjungpura, Kapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Danlantamal Pontianak, serta jajaran Forkompinda Provinsi Kalbar.

Turun dari pesawat, mantan Gubernur DKI itu ditemani Cornelis langsung menuju helikopter dan terbang menuju Sukadana selama kurang lebih 30 menit.

Kedatangan Jokowi di Sukadana pun disambut dengan antusias masyarakat yang ramai di Areal Plaza Sail Selat Karimata. Sebelum naik ke kendaraan, presiden sempat melambaikan tangannya kepada masyarakat yang memang sudah menunggu sekitar 30 menit.

Selain membuka Festival Sail Selat Karimata, Jokowi direncanakan meresmikan Masjid Agung Sukadana. Ini juga bagian dari rangkaian festival yang digelar di Pantai Pulau Datok.

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis berharap setelah event ini berlangsung nama Kalbar semakin dikenal. Terutama dari sektor pariwisata.

Apalagi peserta yang ikut datang dari berbagai mancanegara. Mereka, lanjut dia, bisa mempromosikan keindahan destinasi wisata Kalbar di negara asalnya. “Banyak yang bisa dipromosikan. Dari budaya, flora dan fauna, kekayaan alam, kerajinan tangan dan lain sebagainya,” harap Cornelis.

Selain kunjungan wisatawan, mantan Bupati Landak ini juga berharap sektor perekonomian di Kalbar khususnya di Kayong Utara bisa tumbuh pasca digelarnya festival ini.

Bupati Kayong Utara Hildi Hamid menyebutkan, di samping meresmikan Masjid Agung Sukadana, Jokowi dijadwalkan melakukan penanaman pohon jeruk Pontianak dan Durian Kalimantan.

Kemudian Jokowi akan mengunjungi sentra informasi nelayan di Sukadana serta mengunjungi pameran potensi daerah di sekitar pantai Pulau Datok.

Hildi juga berharap event ini dapat mendorong kemajuan sektor pariwisata di Kayong Utara. Perkembangan sektor pariwisata dinilai akan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Apalagi selama ini, perekonomian di Kayong Utara umumnya bergantung pada komoditas pertambangan dan kelapa sawit.

“Kami ingin potensi ekonomi di sini bisa tumbuh. Contohnya penduduk bisa menyewakan rumahnya pada tamu yang datang,” harapnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar Gatot Rudiyono mengingatkan agar Festival Sail Selat Karimata tidak hanya menjadi momen untuk mengangkat wisata bahari Kalbar. “Justru produk unggulan juga bisa terangkat. Jadi berikan kesan yang terbaik kepada tamu, baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” pintanya. Sementara itu, ada sekitar 120 stan pameran akan ikut memeriahkan event ini.

Direktur Infrastruktur Fisik Bekraf, Selliane Halia Ishak mengungkapkan, ada dua acara yang diselenggarakan Bekraf dalam event Sail Selat Karimata 2016, yakni layar tancap dan layar kubah.

Layar tancap diisi dengan film-film buatan komunitas perfilman dalam negeri. Sementara itu layar kubah lebih berisi materi pendidikan untuk membantu meningkatkan pemahaman anak-anak SD mengenai tata surya.

“Acara ini digelar untuk mendekatkan diri ke masyarakat. Kami ingin agar masyarakat mengenal lebih dekat Bekraf yang membawahi 16 subsektor ekonomi kreatif,” harap Selli.

 Sail Selat Karimata yang dilaksanakan tahun ini memasuki tahun ke delapan sejak pertama kali digelar di tahun 2009. Kegiatan ini dihelat dalam rangka mendorong potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah.

Puncak acaranya digelar di Pantai Pulau Datok Kayong Utara. Kegiatan yang dihadirkan meliputi pameran potensi daerah, gerakan bersih pantai, bakti sosial kesehatan, lintas nusantara remaja, olahraga bahari, seni dan budaya, reli kapal layar, ekspedisi riset kelautan, serta peresmian Masjid Agung Oesman Al Khair.

Acara puncak tersebut merupakan rangkaian dari Sail Selat Karimata 2016 yang diselenggarakan di empat provinsi, yakni Provinsi Jambi, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Kepulauan Riau.

Kemarin Jokowi menyempatkan diri mengunjungi panggung Revolusi Mental di Plaza Sail Selat Krimata, Pantai Pulau Datok, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat, Jumat (14/10) sekitar pukul 20.30.  Setiba di panggung Revolusi Mental, Presiden menyapa, bersalaman, bahkan berfoto bersama masyarakat.

“Pak Jokowi, Pak Jokowi foto dong,” ucap salah seorang warga yang dengan bangga dapat berfoto bersama orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berserta beberapa menteri lainnya turut mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo.

Selain berfoto bersama warga, Presiden Jokowi membagikan buku tulis kepada masyarakat. Buku-buku itu sebelumnya sudah disiapkan di kendaraan dinasnya. (mse/dan/humasprov)

 

Berita Terkait