JICA Akan Bantu Pencegahan Karhutla

JICA Akan Bantu Pencegahan Karhutla

  Jumat, 21 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

KETAPANG-Japan International Cooperation Agency (JICA) akan  membantu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Komitment tersebut terungkap dalam pertemuan dengan Bupati Ketapang, Rabu (19/10) di Pendopo Bupati Ketapang. Dalam pertemuan yang sekaligus juga acara jamuan makan malam, dihadiri juga Sekda Ketapang Drs. HM. Mansyur, Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan Drs. Donatus Franseda, dan para kepala SKPD. Pertemuan tersebut membahas rencana JICA akan turun terlibat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Sedangkan tim misi misi JICA terdiri  Hideyeki  Kubo dan Hiroshi Kobayashi,  Tim dari Kementerian LHK, Soemantri dan Agus Haryanta dari Direktorat Pengendalian Hutan dan Lahan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim yang didamping Kepala TN Gunung Palung Dadang Wardana, dan Perwakilan dari IJ-REDD+ Dicko Rossanda. Dari pertemuan tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan Exspose Misi JICA diikuti  SKPD Ketapang, di Aula Bappeda Ketapang. Ekspose dipimpin Kepala Bappeda Ketapang, Drs H.Mahyudin  tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Ketapang Qadarini SE.

“Bupati Ketapang sangat menyambut baik rencana program JICA di Ketapang untuk ambil bagian dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, maka hari ini kita lakukan expose misi JICA,” kata H.Mahyudin, Kepala Bappeda Ketapang.

Pertemuan ini merupakan awal dari kegiatan,  karena kedepan akan dilakukan pertemuan lanjutan bahkan sampai pada hal-hal yang bersifat teknis. Sebab, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Kepala Bappeda Ketapang berharap di awal tahun 2017 mendatang, program ini sudah dapat berjalan.

Ketua TIM JICA Hideyuki Kubo mengucapkan terima kasih atas dukungan yang besar dari Pemerintah Kabupaten Ketapang. Dukungan ini akan menjadi hal yang penting agar program-program yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar. Sementara itu Agus Haryanta dari Direktorat Pengendalian Karhutla, Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian LHK mengapresiasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang, TNI dan Polri dan instansi vertikal terkait dan semua unsur masyarakat yang telah berhasil menurunkan tingkat kebakaran hutan di Ketapang.  “Penurunan kebakaran hutan dan lahan cukup signifikan. Mudah-mudahan ke depan di Ketapang ini betul–betul zero burning Karhutla,” harapnya. (ser)      

 

 

 

      

 

Berita Terkait