Jembatan Tayan Tak Tunggu Seremoni

Jembatan Tayan Tak Tunggu Seremoni

  Rabu, 10 February 2016 08:32
Christiandy Sanjaya

Berita Terkait

WAKIL Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya menyatakan pengoperasian Jembatan Kapuas Tayan bukan menunggu peresmian, melainkan hasil uji kelayakan.“Bukan acara seremoni dari peresmian yang membuat Jembatan Tayan bisa dipakai, melainkan hasil uji kelayakan,” ujar Christiandy, kemarin.

Uji tahap dua jembatan dilaksanakan pada 21 Januari lalu. Uji tersebut berkaitan dengan keselamatan jalan bagi semua pengguna jalan, baik jalan akses maupun jembatan. Diantaranya menyangkut geometrik jalan, rambu-rambu, marka jalan, dan lain-lain. Tetapi hingga saat ini Kementerian Pekerjaan Umum belum mengeluarkan rekomendasi berkenaan dengan uji tersebut.

“Hingga saat ini masih menunggu dari kementerian. Jika memang secara uji dinyatakan layak, sudah bisa digunakan,” kata Christiandy.Menurut Christiandy, pengoperasian Jembatan Kapuas Tayan memberikan harapan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalbar. Dengan difungsikannya jembatan sungai terpanjang di Indonesia itu, berarti hubungan perdagangan Kalbar dengan provinsi lain di Kalimantan menjadi terbuka.

“Jembatan Tayan ini menghubungkan jalan Transkalimantan sehingga diharapkan dalam memberikan sumbangsih dalam pertumbuhan ekonomi Kalbar pada tahun ini. Paling tidak bisa mencapai diatas lima persen,” ungkap Christiandy.

Sekretaris Pemerintah Provinsi Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie mengatakan tertekannya pertumbuhan ekonomi di Kalbar disebabkan berbagai aspek. Diantaranya karet dan sawit yang menjadi sumber pendapatan masyarakat mengalami penurunan harga.”Karet alam tak mampu bersaing. Begitu pula sawit, harganya mengalami penurunan yang sangat rendah,” kata Zeet yang berharap pertumbuhan ekonomi Kalbar dapat meningkat pada tahun ini. (uni)

 

Berita Terkait