Jembatan Hulu Tubuk Rawan

Jembatan Hulu Tubuk Rawan

  Senin, 10 Oktober 2016 08:21

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Intensitas curah hujan yang mulai tinggi dalam beberapa hari terakhit berdampak langsung pada debit air sungai. Akibatnya, jembatan kayu yang ada dusun Hulu Tubuk, Desa Nanga Tubuk, Kecamatan Kalis, rusak diterjang banjir. Badan jembatan tersebut condong sehingga para pengendara yang melintas harus ektra hati-hati jika tida bisa terpeleset dan jatuh kedasar sungai itu.

Untuk itu, masyarakat mengharapkan Pemkab Kapuas Hulu dapat segera memperbaikinya, sebab jembatan tersebut berada pada jalur utama antara dusun Hulu Tubuk ke pusat desa Nanga Tubuk, ataupun ke Putussibau. Menurut Warga Desa Hulu Tubuk, Kotik, rusaknya jembatan kayu tersebut membuat masyarakat takut untuk melewatinya.

“Sangat rawan, apalagi kalau hujan, licin,”paparnya.

Dikatakan Kotik, masyarakat yang mengendarai sepeda motor biasanya turun untuk menyeret kedaraannya. Karena tiang di bagian samping jembatan sudah mering, sewaktu-waktu bisa ambruk. “Jembatan itu rusak karena banjir, tiang jembatan kena hantaman batang kayu yang dibawa arus,” terangnya.Jembatan itu kata Kotik,belum terlalu lamadibangun, karenakondisi alam jadi cepat rusak.

Sebelumnya jembatan tersebut tidak berupa jembatan kayu, masih sistem jembatan gantung.

“Kalau jembatan gantung dulu agak lama tahannya, karena kalau banjir tidak ada pengaruh,” jelasnya. Kalau sistem jembantan kayu seperti sekarang memang mudah rusak karena banjir, bahkan ada beberapa jembatan kayu yang sudah rusak di dusun ini. “Kalau banjir, arus air sungai sangat deras,”ungkapnya.

Kotik mengharapkan, Pemkab melalui instansi terkait dapat memperbaiki jembatan ruas dusun Hulu Tubuk ke Desa Nanga Tubuk. Pasalnya jalur tersebut selalu dilalui masyarakat Hulu Tubuk untuk menjual hasil bumi ke Putussibau. Demikian juga untuk akses pendidikan anak-anak Hulu Tubuk ke desa Nanga Danau dan kota Kecamatan Kalis. “Jembatan ini merupakan akses utama kami,” kata dia.

Menurut Kotik lagi, saat ini memang ada pengerjaan jalan pada jalur jembatan yang rusak tersebut. hanya saya yang dia tahu pengerjaan jalan itu tidak mencakup jembatan. Karenanya ia berharap agar jembatan itu sekaligus diperbaiki juga.

“Kalau jembatan rusak, masyarakat sulit menjual hasil kebun keluar desa,sepeda motor harus dipikul melewat sungai.Demikian anak-anak sekolah,”kata dia.(aan)

Berita Terkait