Jelang Tahun Baru Imlek 2016, Monyet Api Menjadi Simbol Energi Sukses

Jelang Tahun Baru Imlek 2016, Monyet Api Menjadi Simbol Energi Sukses

  Selasa, 2 February 2016 10:23
LILIN IMLEK: Pengurus Kelenteng Tri Dharma Dwi Dharma Bhakti menyusun lilin sumbangan dari warga Tionghoa untuk persiapan Imlek kemarin. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Perayaan Imlek 2016 akan jatuh pada 8 Februari 2016, dengan kalender berjalan hingga 27 Januari 2017. Sesuai penanggalan Tionghoa (China) atau Imlek akan memasuki tahun 2567. Dilansir dari berbagai sumber zodiak alias shio yang berlaku pada tahun Imlek 2567 daru astrologi china adalah monyet dengan unsur api. Lalu, apa makna dari monyet api bagi masyarakat tinghoa ini?

MENURUT Michael Yan Sriwidodo, seorang Tionghoa di Kalimantan Barat, monyet digambarkan sebagai sesuatu yang berusaha ingin menang, berprestasi dan selalu berusaha menuju puncak. Api melambangkan tekad kuat membara yang dimiliki untuk menggapai prestasi.“Dalam kehidupan harian, monyet api melekat dengan idiom banyak akal dan terkesan licik. Mereka akan selalu berusaha menggapai puncak dengan metode apapun,“ ujarnya.  

Meski begitu, lanjutnya, unsur elemen api banyak sekali menyimpan misteri. Api dijadikan simbol energi yang besar dan kuat bagi orang-orang bershio monyet. Mereka akan berusaha menjadi pemenang dan berkeinginan agar prestasi mereka diakui.Hanya memang biasanya tahun 2016 berujung pada tahun apa pun bisa terjadi. Jika ingin selamat dan sukses dalam hidup, sebaiknya hindari kegiatan kelompok bersifat memprovokasi sesuatu, ikut dalam pergolakan politik, revolusi atau diskriminatif. Masyarakat diminta ekstra berhati-hati dalam memilih teman, kelompok atau komunitas.

Katanya, tahun 2016 adalah waktunya memulai kelompok bisnis yang dianggap berisiko. Biasanya benih-benih kesuksesan yang tidak direncanakan akan tercapai. Jalankan semua ide dan penemuan dengan tanpa melihat ke belakang. “Biasanya sukses akan datang dengan sendirinya apabila dibarengi usaha dan kerja keras,” ujar anggota DPRD Kalbar ini.

Lebih lanjut masyarakat Tionghoa meyakini sifat alami lain akan muncul di setiap orang yang memiliki shio monyet tahun ini. Misalnya, kelincahan yang membuat masing-masing individu mengalami perkembangan cenderung fluktuatif dan terjadi relatif cepat, baik secara fisik maupun mental.Biasanya orang ber-shio monyet  memiliki kelebihan sebagai pribadi percaya diri, humoris dan terampil di segala permainan dan berjiwa pemimpin. Kekurangan mereka hanyalah sedikit nakal, pecemburu, sering curiga, licik, egois dan sombong. Orang yang memiliki shio monyet api lahir pada tahun 1920, 1932, 1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, dan 2016.(den)

Berita Terkait