Jelang Natal dan Tahun Baru Perbatasan Rawan Uang Palsu

Jelang Natal dan Tahun Baru Perbatasan Rawan Uang Palsu

  Kamis, 7 December 2017 11:53
Kepala Cabang Bank Kalbar Balai Karangan Sabirin

Berita Terkait

SEKAYAM- Bank Kalbar mengingatkan kepada masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 di Perbatasan RI-Malaysia.

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih jeli dan waspada terhadap peredaran uang palsu yang mungkin saja bisa terjadi," kata Kepala Cabang Bank Kalbar Balai Karangan, Sabirin, Kamis (7/12)

Menurut Sabirin, biasanya ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkan kesempatan menjelang Natal.  Menjelang hari raya, masyarakat biasanya kurang waspada saat menerima uang. Mungkin karena sedang buru-buru, sehingga masyarakat kurang memperhatikan kalau uang yang mereka terima bisa saja palsu.

Biasanya, kata dia, menjelang hari raya, temuan uang palsu meningkat. Hal ini karena ada pihak yang memanfaatkan kesempatan dengan mengedarkan uang palsu. "Kami pun akan terus melakukan pengawasan untuk meminimalisasi peredaran uang palsu ini," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan sosialisasi keaslian uang rupiah hingga ke pelosok desa. Makin banyak orang yang paham dengan ciri-ciri keaslian rupiah, menurut dia, akan terhindar dari uang palsu.

Dia mengakui, jika jelang akhir tahun dan mendekati  perayaan Natal jelas transaksi keuangan meningkat,moment seperti itu jelas sangat rawan terhadap peredaran uang palsu di tengah masyarakat.

Untuk mengantisifasinya kedepan tentu harus diperbanyak lokasi penukaran uang di daeran perbatasan, karena uang palsu kecil kemungkinan bisa masuk ke perbankan. justru peredaranya kerap terjadi saat transaksi dimasyarakat ketika jual beli. (agus alfian)

Berita Terkait