JCH Sambas Bersiap

JCH Sambas Bersiap

  Sabtu, 20 Agustus 2016 09:39
BERANGKAT: A Malik dan Rusnah siap lahir batin menunaikan haji

Berita Terkait

SAMBAS- Selain melengkapi perlengkapan yang dibawa berangkat ke tanah suci. Para Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sambas melakukan acara bersama keluarga satu hari menjelang keberangkatkan untuk menunaikan rukun Islam kelima ini, Sabtu (20/8) hari ini.

Seperti dilakukan JCH Kecamatan Sejangkung, A Malik dan Rusnah Mansyur. Karena pada Sabtu (20/8) suami istri ini akan menunaikan ibadah haji. Pada Jumat, membuat acara sederhana di kediamannya. Berkumpul bersama keluarga besar serta tetangga, berdoa dan makan bersama.

 “Keluarga dari Singkawang, kemudian dari Sambas kumpul di rumah. Kumpul-kumpul, karena Sabtu sudah berangkat ke Pontianak, kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju tanah suci,” kata Rusnah.

Dalam kegiatan tersebut. Dirinya juga mengharap doa dari keluarga besar agar dalam perjalanan baik pergi maupun pulang diberi keselamatan. Pada Jumat malam, dikediamannya dilaksanakan berdoa bersama-sama dengan jemaah pengajian didesanya.

Mengenai perlengkapan yang dibawa, diakui Rusnah, semuanya berdasarkan arahan dari petugas haji. Misalnya membawa sandal, membawa makanan seperlunya, jumlah helai baju ganti, beberapa obat-obatan pribadi serta lainnya.

Persiapan lainnya, juga telah dilaksanakan. Mulai dari fisik hingga kesiapan batin jauh-jauh hari telah dilakukan.

Sementara itu, bagi keluarga, dia mengaku sedih, hanya saja karena menjalankan Rukun Islam. Pihak keluarga mendoakan, agar perjalanan berangkat dan pergi diberi keselamatan. Kemudian saat ditanah suci, bisa melaksanakan ibadah haji dengan sempurna.

“Pasti sedih, tapi ini kan melaksanakan ibadah. Jadi sebagai anak, kita akan terus mendoakan kedua orang tua agar selamat dan pulang menjadi haji mabrur,” kata anak A Malik dan Rusnah, Nani. Pada saat keberangkatan, keluarga tak mengantar sampai Pontianak. Hanya saja, saat kepulangan nanti merencanakan penjemputan.

JCH dari Kecamatan Sejangkung, sebelum diberangkatkan ke Sambas akan berkumpul di Masjid di Sejangkung. Selanjutnya ke Sambas, baru kemudian bertolak ke Pontianak dan seterusnya hingga sampai ke tanah suci.(fah)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait