Jawa Pos Beri Pelatihan di Pontianak Post

Jawa Pos Beri Pelatihan di Pontianak Post

  Rabu, 19 Oktober 2016 09:30
KENANGAN: Peserta pelatihan berfoto bersama tim JPG Newsroom di depan gedung Graha Pena Pontianak Post, kemarin (18/10). MUDJADI/PONTIANAK POST

PONTIANAK - Puluhan peserta perwakilan media di bawah naungan Jawa Pos Group (JPG) se-Kalbar mendapat pelatihan dari tim JPG Newsroom di Graha Pena Pontianak Post, selama tiga hari mulai, Minggu (16/10). Kegiatan yang diikuti oleh redaktur, wartawan, fotografer dan desain/layouter ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pekerja media dan standarisasi sesuai standar JPG Newsroom.

Hal tersebut diungkapkan General Manager Jawa Pos Group Newsroom, Bambang Janu saat pembukaan pelatihan. Menurutnya penting agar setiap media yang berada di bawah payung JPG Newsroom memiliki standar sama. Dengan demikian kualitas yang dihasilkan tiap media akan lebih baik. Ditambah ada kompetisi secara positif per triwulan untuk menentukan karya-karya terbaik. "Ini tentu dapat memajukan media  masing-masing," katanya. 

Selain Bambang Janu yang juga memberikan materi tentang penulisan jurnalistik, ada pula Manager JPG Newsroom Abdul Rokhim. Lalu untuk foto jurnalistik materi diberikan oleh Becky Subechi dan layout oleh Chris Siswoyo. 

Sinergitas antar pekerja media mulai dari pimpinan redaksi, redaktur pelaksana, redaktur, wartawan, fotografer dan desain/layouter menjadi kunci kesuksesan sebuah media cetak (koran). Dengan adanya pelatihan ini diharapkan seluruh media yang tergabung dalam JPG Newsroom se-Kalbar termotivasi untuk menghasilkan karya jurnalistik yang lebih baik. Yang secara nyata dapat dinikmati masyarakat (pembaca) dalam wujud surat kabar/koran. 

Salah satu peserta, wartawan Pontianak Post biro Kota Singkawang, Hari Kurniatama menyambuat baik pelatihan ini. Ia memberikan kesimpulan bahwa koordinasi antarbidang dalam sebuah media sangat penting terjalin dengan baik.

Dia pun mengaku sangat antusias, karena menurutnya para wartawan, terutama di daerah-daerah sangat haus akan ilmu yang berkaitan dengan bidangnya, dalam hal ini jurnalistik. "Selama tiga hari banyak ilmu yang saya dapat dan sangat bermanfaat, semoga bisa diterapkan di daerah tempat kami bekerja," ungkapnya saat memberikan kesan ketika penutupan kegiatan, Selasa (18/10). (bar)