Jasa Raharja Bantu Modal Usaha

Jasa Raharja Bantu Modal Usaha

  Selasa, 1 November 2016 09:30
MODAL USAHA: Kepala Cabang Jasa Raharja Kalbar Hasjuddin secara simbolis memberikan bantuan modal usaha kepada UMKM di Pontianak. ARISTONO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Rp610 Juta untuk Pelaku UMKM

PONTIANAK--Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta perusahaan-perusahaan di bawah naungannya untuk menggelar program Kemitraan BUMN yang memberikan pinjaman modal kepada para pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM). Salah satu perusahaan yang menggelar program ini adalah PT Jasa Raharja (Persero).

Di Pontianak, sepanjang Januari-Oktober 2016, perusahan asuransi jiwa tersebut sudah menyalurkan bantuan permodalan sebanyak Rp610 juta kepada sejumlah pelaku UMKM. “Hingga bulan ini, kami sudah menyalurkan pinjaman modal lunak tersebut kepada 26 UMKM di Pontianak dan sekitarnya,” ujar Kepala Cabang Jasa Raharja Kalbar Hasjuddin kepada Pontianak Post, kemarin (31/10).

Dia menjelaskan, tahun ini pihaknya menganggarkan Rp600 juta untuk bantuan modal UMKM. Namun pelaksanaannya sudah melampaui target. Adapun UMKM yang menerima bantuan modal ini berasal dari sektor usaha perdagangan, industri mikro, jasa, perikanan dan lainnya. “Jumlahnya untuk masing-masing UMKM bervariasi, tergantung kebutuhan mereka. Berkisar antara Rp10-25 juta per bulan,” ungkap dia.

Menurut dia, biaya untuk program ini berasal dari pemberdayaan pemanfaatan dana dari bagian laba Jasa Raharja. Hasjuddin mengatakan, tambahan modal ini diharapkan agar UMKM bisa meningkatkan kualitas produknya sehingga bisa bersaing. “Bunga pinjamannya lunak, dan di bawah rata-rata perbankan,” kata dia. Dia berharap, UMKM tersebut dapat berkembang pesat sehingga dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

Jasa Raharja juga meminta kepada para penerima pinjaman untuk memanfaatkan dana tersebut untuk meningkatkan usahanya. “Jangan untuk hal-hal konsumtif, seperti beli kendaraan dan lain-lain. Kami akan melakukan pengecekan juga,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan menyebut, pihaknya tidak hanya punya program pinjaman modal kepada para UMKM saja, melainkan juga bantuan sosial untuk lingkungan. “Program itu berwujud bantuan hibah untuk infrastruktur umum, seperti masjid, pelestarian alam dan lainnya,” ucapnya.

Dia memaparkan, Jasa Raharja Kalbar sudah menganggarkan Rp120 juta untuk bantuan sosial tersebut. “Sudah disalurkan untuk pembangunan sejumlah masjid dan surau. Selain itu dalam waktu dekat kami akan bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak untuk menyalurkan pot beserta tanamannya di sejumlah titik di Pontianak,” pungkas dia. (ars)

Berita Terkait