Jarot Harap Kelulusan 100 Persen

Jarot Harap Kelulusan 100 Persen

  Selasa, 5 April 2016 09:30
PANTAU UNAS: Bupati Sintang, Jarot Winarno saat memantau pelaksanaan Unas di Sintang. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG-Bupati Sintang, Jarot Winarno dan Wakil Bupati Sintang, Askiman, Senin (4/4) meninjau langsung pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) di sejumlah sekolah dalam kota Sintang. Secara keseluruhan Unas hari pertama berjalan lancar tanpa kendala.

Sejumlah sekolah yang dikunjungi antara lain, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1.  Kemudian bupati dan wakil bupati berpencar usai mengunjungi dua sekolah tersebut. Askiman langsung menuju SMA Negeri 3, Madrasah Aliyah Negeri, SMA Panca Setya, dan SMA Negeri 1 Sintang. Sementara Jarot dari SMKN 1 langsung menuju SMA Negeri 4 Sintang. Akses sekolah yang dikunjungi bupati itu terendam banjir.

Danrem 121/ABW, Dandim 1205, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta para kepala bidang, sejumlah pejabat eselon II dan III ikut mendampingi bupati. Begitu pula dengan ketua DPRD Sintang.

Bupati mengatakan, peninjauan Unas guna memastikan ujian berjalan lancar. Jarot juga menyempatkan berkomunikasi dengan para murid yang mengikuti ujian, termasuk dengan pihak pengawas serta sekolah.

“Semua harus dijamin keamanan dan kenyamanan peserta Unas, agar tidak mendapatkan kendala apapun. Persiapan sudah banyak dilakukan diharapkan bisa membantu seperti tryout,” kata Jarot.

Bupati menambahkan, Pemkab Sintang juga bersinergi dengan TNI/Polri mengingat ada sekolah yang digenangi banjir saat Unas, termasuk untuk pengamanannya.

Jarot berharap, peserta Unas di Sintang lulus 100 persen. Pemkab mendukung penuh kemajuan pendidikan, termasuk untuk anak yang sekolahnya digenangi banjir.

“Masalah distribusi soal Unas, sampai saat hari pelaksanaan tidak ada kendala. Namun, harus tetap dijaga kerahasiaan dan tidak ada masalah. Kini kita fikirkan adalah masalah anak-anak, karena ujian dari dahulu menjadikan beban pemikiran peserta. Anak kita tidak boleh stres,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Marchues Afen mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti Unas SMA sederajat pada 2016, berjumlah 4.644 siswa. Data tersebut dibagi dalam beberapa klasifikasi seperti, SMA/MA berjumlah 2.709 siswa, SMK 1.106, dan paket C berjumlah 829 siswa.

Sementara Unas berbasis komputer dilakukan di SMK Negeri 1 Sintang, dan ini merupakan UNBK satu-satunya di Sintang.(stm)

Berita Terkait