Janji Bangun Jalan Poros ke Trans Kalimantan

Janji Bangun Jalan Poros ke Trans Kalimantan

  Senin, 18 April 2016 10:28
DISAMBUT WARGA: Bupati Ketapang Martin Rantan SH dan Wakil Bupati Drs Suprapto S didampingi istri mereka masing-masing, disambut warga saat kunjungan ke Kecamatan Tumbang Titi, Sabtu (17/4) lalu. ISTIMEWA

Berita Terkait

Bupati-Wabup Sambangi Tumbang Titi

TUMBANG TITI – Bupati Ketapang Martin SH menyambangi Kecamatan Tumbang Titi. Kedatangan dia disambut  masyarakat dengan meriah. Bahkan pada malam harinya, Bupati yang datang bersama Wakil Bupati (Wabup) Drs Suprapto S, memberikan pengarahan kepada masyarakat agar  mendukung dan mengamankan proses pembangunan yang masuk.   

"Kita akan bangun poros jalan Tumbang Titi – Serengkah – Beringin Belok ke Jalan Trans Kalimantan," kata Bupati saat melakukan dialog dengan warga di Gedung Serbaguna Tumbang Titi, Sabtu (17/4).

Dengan dibangunnya poros jalan yang menghubungkan langsung ke perbatasan Provinsi Kalimantan Tengah tersebut, Bupati berharap akses transportasi semakin lancar. Dengan demikian, mantan anggota DPRD Provinsi Kalbar tersebut yakin, warga sekitar akan ikut terpacu pertumbuhan ekonominya, karena angkutan barang dan jasa yang lancar.

Sementara untuk poros jalan Pelang - Tumbang Titi, diakui dia, tidak dianggarkan pada tahun ini. Alasannya dikemukakan Bupati karena terputusnya nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, seiring habisnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati priode sebelumnya. "Untuk tahun 2017 nanti saya sudah tanda tangani MoU dengan Pemprov untuk dianggarkan kembali," jelas Bupati.

Lebih lanjut, Martin memastikan jika kondisi jalan yang rusak saat ini terus dilakukan pemeliharaan. Mereka bahkan sampai melibatkan pihak perusahaan perkebunan dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ketapang. "Proses pemeliharaan terus dilakukan hanya untuk fungsional, agar bisa dilewati," ujar dia.

Kepada para kepala desa (kades), kepala dusun, hingga tokoh masyarakat, Bupati meminta agar memberikan pengarahan kepada masyarakat, untuk tidak melakukan hal hal yang merugikan sendiri. Hal-hal yang dimaksud Bupati seperti tindakan menahan sopir, menyandera orang, bahkan memukul orang. "Ini penting maka saya absen para kades, karena baru-baru ini ada tindakan oknum warga yang melakukan pemukulan hingga ditahan dan proses hukum sudah berjalan," gugah Bupati.

Selain itu Bupati juga mengatakan dalam mewujudkan Ketapang maju menuju masyarakat yang sejahtera, maka dukungan dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Dalam menghadapi persaingan ekonomi Asia ke depan, di mana persaingan ekonomi semakin tinggi, maka diingatkan dia bahwa sumber daya manusia yang memiliki kemampuan perlu ditingkatkan. Bupati kembali menginstruksikan agar balai latihan kerja diaktifkan kembali, untuk memberikan keterampilan kepada tenaga kerja yang ada di Kabupaten Ketapang. Terkait peningnkatan sektor pertanian, Bupati berjanji akan melakukan pengadaan traktor-traktor untuk pengolahan lahan kering yang banyak terdapat di kecamatan pedalaman. (afi/ser)

Berita Terkait