Jangan Sepelekan Materi PowerPoint

Jangan Sepelekan Materi PowerPoint

  Senin, 26 Oktober 2015 14:05

DESAIN slide dalam PowerPoint adalah faktor terpenting keberhasilan sebuah presentasi. Pernyataan itu diungkapkan Dhony Firmasnyah, penulis buku Amazing Slide.

Berdasar pengalaman Dhony mengikuti sejumlah presentasi, masih saja ada yang asal-asalan membuat materi PowerPoint. ’’Padahal, slide itu penentu berhasil tidaknya menyampaikan maksud presentasi,’’ jelas Dhony seperti dilansir dari Jawa Pos, belum lama ini.

Dhony menjelaskan, untuk membuat desain dalam PowerPoint, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pemilihan warna, jenis huruf, shape, dan gambar sangat menentukan. ’’Itu semua harus disesuaikan dengan bidang dan audiens yang akan dihadapi,’’ ujarnya.

Jenis huruf, misalnya. Untuk teks yang berisi banyak materi, sebaiknya digunakan tipikal font seperti Calibri karena lebih enak dibaca. ’’Kalau font yang ada kaki dan kepalanya seperti Times New Roman, itu untuk slide yang teksnya sedikit,’’ terangnya.

Pria yang dulu merupakan motivator tersebut juga menerangkan, pemilihan warna harus sesuai dengan audiens yang dihadapi. Untuk usia kurang dari 30 tahun, Dhony menyarankan, materi menggunakan warna-warna hangat seperti merah dan kuning. Di atas usia itu, warna-warna dingin seperti biru, hijau, dan cokelat lebih cocok.

Ukuran dan kesesuaian gambar pendukung juga tidak kalah penting. Misalnya, materi bidang pendidikan tidak akan cocok jika menggunakan gambar-gambar bertema alam. ’’Cari gambar yang berukuran besar agar tidak pecah saat dipresentasikan,’’ tegasnya. Alumnus Universitas Airlangga tersebut menyatakan, presentasi sangat berbeda

dengan iklan. Pada iklan, penyampaian tidak cukup sekali. Sementara itu, presentasi hanya sekali disampaikan dan harus bisa langsung dimengerti lawan bicara. ’’Kuasai materi dengan kata kunci dan kembangkan,’’ bebernya.

Dhony mempunyai satu jurus ampuh yang sederhana agar slide dalam PowerPoint sangat menarik. KADO. Begitulah dia menamai jurus tersebut. Yakni, kependekan dari KAta kunci, Draft, dan Optimasi (shape, font, dan warna). Jurus itu selalu dijelaskannya dalam workshop tentang media presentasi. (rid/c5/ayi)