Jangan Mudah Terhasut Medsos

Jangan Mudah Terhasut Medsos

  Sabtu, 14 January 2017 10:41
///ILUSTRASI///

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Kepala Polres (Kapolres) Kapuas Hulu AKBP Sudarmin meminta masyarakat Kapuas Hulu tetap tenang dan tidak terprovokasi informasi yang berkembang di media sosial (medsos) dalam dua hari terakhir ini, terutama yang terjadi di Kabupaten Sintang. Kapolres juga meminta seluruh elemen masyarakat di daerah ini tetap menjaga persatuan yang sudah telah terjalin baik selama ini. 

Kapolres menegaskan, berkembangnya berbagai isu yang bersifat provokatif, membuat masyarakat perlu mawas diri. Terutama, yang menjadi bidikan dia adalah para pengguna media sosial, baik itu facebook, twitter, dan lainnya. Di sana, dia mengungkapkan bagaimana begitu mudahnya oknum yang tidak bertanggung jawab, menebar isu provokatif. Isu yang kadang dibesar-besarkan, menurut dia, baik soal agama maupun suku yang berpotensi menimbulkan perpecahan di masyarakat. “Karenanya isu di medsos jangan dipercaya,” pinta Kapolres.

Lebih lanjut Sudarmin mengatakan, masyarakat harus saling menghargai dan menghormati masing-masing keyakinan. Dia mempersilakan semua umat melaksanakan kewajiban serta kegiatan keagamaam sesuai agama yang dianut. “Jangan saling menghujat,” terang Kapolres di Mapolres, Jumat (13/1) pagi. 

Dia juga mengapresiasi komitmen masyarakat Kapuas Hulu di dalam menjaga kerukunan antarumat beragama yang sudah terjalin baik. Dikatakan Sudarmin, jika daerah aman dan tenteram, maka masyarakat bisa beraktivitas dengan tenang dan nyaman. Demikian juga dengan investor, dipastikan dia akan berinvestasi di daerah yang aman dan tenteram. “Kalau ada persoalan-persoalan tentu bisa diselesaikan dengan cara yang bijak,” katanya. 

Polri, terang ia lagi, tetap selalu hadir bersama masyarakat, untuk menciptakan situasi yang kondusif. Melalui Bhabinkamtibmas, kata Kapolres, Polri senantiasa proaktif memberi penyuluhan dan arahan agar lingkungan masyarakat tetap aman. Namun demikian, dia juga mengaku jika apa yang mereka lakukan tersebut tidak didukung oleh masyarakat, juga tidak akan membuahkan hasil maksimal. Karenanya, tak dipungkiri dia, peran aktif masyarakat menjaga kamtibmas di daerah masing-masing sangat penting. Ditegaskan dia bahwa yang lebih penting lagi adalah tidak mudah terprovokasi isu.

“Bhabinkamtibmas sudah kami bekali bagaimana memberikan arahan dan penyuluhan kepada masyarakat,” terang Sudarmin. Dia memastikan jika anggotanya rutin melakukan patroli geologis. Di setiap pertemuan, mereka selalu mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga ketertiban di lingkungannya masing-masing. “Dengan demikian, situasi yang aman dan kondusif ini tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya. (aan)

Berita Terkait