Jangan Merokok dan Nikah Dulu

Jangan Merokok dan Nikah Dulu

  Minggu, 10 April 2016 10:50
SELAMAT: Walikota Awang Ishak memberikan ucapan selamat kepadasiswa SMAN 1 Singkawang yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik didampingi Kepsek SMAN 1 Singkawang Helmi dan ketua Komite SMAN 1 Singkawang dr Sumardi kemarin. Hari kurniathama/pontianak post

Berita Terkait

SINGKAWANG—Walikota Singkawang Awang Ishak melarang siswa merokok dan menikah dini. Larangan ini ia sampaikan dalam rangka memotivasi para siswa untuk mengejar cita-cita tanpa diganjal hal-hal yang merusak diri sendiri. 

“Menikah itu dianjurkan dan perlu persiapan matang, tentunya sebagai pelajar mengejar cita-cita dulu. Dan saya minta para siswa maupun siswi jangan merokok, karena merugikan,” ungkap orang nomor satu Singkawang ini di hadapan ratusan siswa dan walimurid dalam pelepasan siswa SMAN 1 Singkawang angkatan ke 58 di Balairung Kantor Walikota Singkawang, Sabtu (9/4) kemarin.

Selaku generasi penerus bangsa, para siswa harus berpikir produktif, memiliki kepekaan dan tangggungjawab. Produktif, kata dia, para siswa harus terus menerus menimba ilmu tanpa henti. “Mewujudkan cita cita tidak gampang, perlu kerja keras. Mau kuliah bukan persoalan uang tapi tekad dan yang lebih penting jangan lupa dengan Tuhan,” katanya.

Para siswa harus peka dan peduli. “Peka akan kerja keras orangtua mencarikan uang untuk kuliah, makan dan kos nantinya, hal ini harus diingat,” kata Awang.

Sehingga para siswa apalagi menjadi mahasiswa nantinya harus peduli akan hal tersebut. Bertanggungjawab, tambah dia, berarti harus bisa intropeksi diri dan senantiasa berbuat terbaik. “Dari pada merokok lebih baik uangnya dipakai untuk membeli kebutuhan belajar,” pinta alumnus SMAN 1 Singkawang ini.

Kemudian bertanggungjawab akan waktu. Ia meminta para siswa untuk disiplin waktu sehingga setiap jam dalam satu hari bisa dimanfaatkan dalam kegiatan positif. “Kami akan bangga suatu hari ada siswa Singkawang menjadi pemimpin negeri ini,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepsek SMAN 1 Singkawang Helmi berharap para siswa mampu mewujudkan cita-citanya, sehingga setelah lulus dari perguruang tinggi bisa berkontribusi bagi pembangunan daerah. “Tentunya berdoa, berusaha, dan disiplin serta taat kepada orangtua, guru itu kuncinya,” jelasnya.

Ketua Panitia penyelenggara, Suyatno S.Kom, ada 190 siswa SMAN 1 Singkawang yang dilepas. Dalam kegiatan ini selain Walikota, panitia mengundang sekolah lain dan wali murid masing-masing siswa. 

Walikota memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi di bidang akademik peminatan IPA (Andrian Putra Sanjaya, Nurul Hidayati, Restika Hidayati), peminatan IPA kelas akselerasi (Kartika Nur Hidayat,Annisa Putri, Syaazaratul Qamelia Innas) dan peminatan IPS (Rino Rivaldo,Srikandi,Riska Alventi). Sedangkan siswa berprestasi bidang non akademik Adrian Putra Sanjaya dan Nasia Gustina (Karya Ilmiah Kemen PU RI Direktorat Penataan Ruang tahun 2014 di Bali), Rae Aditya (FL25N-Vokal Solo 2015 di Palembang), Hasma Najuda Tasbiha (Kejuaraan Anggar South East Asian Fencing Champhionchip 2014 di Kuala Lumpur Malaysia). (har)

Berita Terkait