Jam Kerja Lebih Santai, Gaji Seperti Pegawai Kantor

Jam Kerja Lebih Santai, Gaji Seperti Pegawai Kantor

  Sabtu, 28 November 2015 08:39

Berita Terkait

NGEBLOG menjadi mengasyikkan jika dibanjiri tawaran dari berbagai perusahaan untuk mereview tema-tema yang diinginkan. Hal ini pula yang dirasakan oleh Dwi Wahyudi sejak awal pertengahan 2014. Bagi dia, job review merupakan pekerjaan sampingan selain memperoleh penghasilan dari pemasangan iklan dalam bentuk banner. Dalam sebulan, biasanya dia hanya menerima tiga job review, tapi dengan bayaran yang cukup menggiurkan. “Minimal itu Rp 500 ribu per review, tergantung perusahaannya,” jelasnya.

Selain job review, Dwi mengatakan ada yang namanya blogpost. Setiap bulannya dia bisa memposting belasan tulisan. Per postingan dihargai Rp 50 ribu hingga 100 ribu. “Kalau job review,  tulisan saya yang buat dengan syarat dan ketentuan sesuai permintaan pengiklan. Jumlah tulisan minimal biasanya 400-500 kata dengan target ngasih 2 backlink ke website perusahaan pengiklan untuk kata kunci yang diinginkan,” jelasnya.

Sedangkan blogpost, lanjut dia semua tulisan sudah disiapkan oleh pihak pemesan. Tinggal menyalin dan menampilkannya di blog sendiri. “Saya tinggal edit-edit kalimatnya kalau ada yang typo atau salah dan ngasih gambar sesuai tema tulisannya. Minimal jumlah katanya 300 kata dengan 1 backlink dari kata kunci yang udah ditentukan. Makanya nilainya lebih murah karena tidak perlu nulis lagi, tapi jumlahnya banyak per bulannya,” kata dia.

Saat ini, kata dia pengiklan terus berburu para blogger yang aktif dan buat tulisan mengenai produk-produk tertentu. Jika mereka merasa cocok dan suka dengan tulisan Anda, maka mereka akan kirim email penawaran langsung. Disinilah proses negosiasi harga terjadi. “Di satu sisi, para pengiklan juga melihat melakukan promo melalui para blogger aktif lebih murah dan efisiensi biaya. Apalagi kalau aktif juga di sosmed seperti FB, twitter, path, instagram, BBM, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Dia juga kadang dimintai rekomendasi dari pihak pengiklan apakah masih memiliki teman-teman blogger lain yang bisa dikasih job review. “Nah untuk ini saya tidak berani memberikan ke sembarang blogger karena harus ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi,” ucap dia. Dwi belum lama ini juga diundang oleh salah satu perusahaan gadget besar. Bersama 4 blogger lainnya dari Pontianak untuk menghadiri festival besar. Selain tiket pulang pergi menggunakan pesawat, disediakan pula fasilitas penginapan hotel bintang lima selama 3 hari 2 malam dan konsumsi selama kegiatan. “Kami juga dikasih masing-masing 1 unit Zenfone Selfie yang harganya 3 jutaan,” paparnya.

Hanya saja,  para pengiklan maunya blog berbayar menggunakan TLD (top level domain) seperti: com, net, web.id, id, dan lain sebagainya. “Kalau yang gratisan pake blogspot atau wordpress mereka tidak mau,” jelasnya. Bagi Dwi, ngeblog bisa menghasilkan selama dikelola dengan serius dan selalu update. “Butuh waktu tidak sebentar dalam mengelola blog, karena semua tetap butuh proses. Kawan-kawan juga ada yang berhasil memanfaatkan blognya sebagai salah satu sumber memperoleh penghasilan,” ucapnya.Jika ditanya berapa penghasilan per bulan, ya kira-kira lanjut dia, sama dengan gaji orang kerja kantoran. “Tapi jam kerja lebih santai dan tidak terikat waktu. Hanya pakai sistem deadline saja biasanya. Jadi sambil mengelola blog masih juga bisa mengerjakan usaha lain,” pungkasnya. (mrd)  

 

Berita Terkait