Jalin Silaturahmi, Ai Xin Bagi Santunan

Jalin Silaturahmi, Ai Xin Bagi Santunan

  Kamis, 30 June 2016 09:30
BERBAGI: Salah satu kegiatan yang digelar Wadah Himpunan Kasih (Ai Xin) di sejumlah tempat di Kota Pontianak, kemarin. Mirza/Mujadi/Pontianak Post

Berita Terkait

PONTIANAK - Wadah Himpunan Kasih (Ai Xin) kembali berbagi rezeki dengan tajuk bagi rezeki 1000 duafa. Pembagian rezeki kali ini dilakukan di dua tempat sekaligus, yaitu di aula Pondok Pesantren Haruniyah, Pontianak Timur dan kantor Graha Pena, Pontianak Post. Total penerima bantuan kali ini 265 warga.

“Bantuan ini saya gunakan untuk kebutuhan lebaran. Selain di sisihkan beli bahan kue, sisanya akan saya gunakan untuk beli pakaian lebaran anak,” ucap penerima bantuan Ai Xin, Nurhayati (47), di Aula Pesantren Haruniyah, Rabu kemarin.

Bagi ibu rumah tangga beranak dua, bantuan ini akan membantu sang suami yang bekerja sebagai tukang. Ia paham, kerja tukang bukan pekerjaan tetap. Untuk memenuhi kebutuhan hidup hari-hari, ia juga menjadi buruh cuci di beberapa tempat. Dengan begitu, sedikti banyak dapat membantu perekonomian keluarga.

Hal senada dikatakan Adi. Lelaki paroh baya itu telah menunggu sedari siang untuk menerima bantuan. Meski rumahnya tak terlalu jauh dari aula, namun tubuh rentanya cukup lelah mengayuh sepeda yang digunakan untuk mencapai ke tempat tujuan. “Saya kebagian kupon bantuan berbagi rezeki 1000 duafa dari Himpunan Kasih. Ini kali ke dua saya terima,” ungkap warga Kelurahan Tambelan Sampit.

Sebagai penebas rumput bantuan ini begitu berarti. Dia akan mempergunakan bantuan untuk hal yang harus diutamakan. Seperti kebutuhan sembako dan sisanya buat kue untuk dirayakan hari lebaran.

Di tempat sama, Sekretaris WHK, Frendys mengatakan ada dua tempat kegiatan hari ini (kemarin). Pertama di Aula Pesantren Haruniyah, Pontianak Timur dan ke dua di Kantor  Graha Pena, Pontianak Post. Di jelaskan Frendys, total 150 orang penerima bantuan di Aula Pesantren Haruniyah. Mereka adalah warga kurang mampu yang tinggal di Kelurahan Tambelan Sampit, Kecamatan Pontianak Timur. Selain warga kurang mampu, pihaknya juga memberi bantuan 115 orang warga yang langsung di bagikan di Kantor Graha Pena Pontianak. Ke 115 orang itu, 80 orang pedagang asongan dan sisanya masyarakat kurang mampu. “Atas kerjasama Pontianak Post dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kami merasa terbantu, terutama dalam mendata warga yang berhak menerima bantuan ini,” terangnya.

Dijelaskan dia, Wadah Himpunan Kasih merupakan perkumpulan terdiri dari lintas agama dan profesi. Kini anggotanya sekitaran 200 orang. Tiap anggota tiap bulan menyisihkan sebagian kelebihan penghasilan untuk digunakan kegiatan sosial. “Selain bersilaturahmi dengan muslim, saat perayaan natal, imlek dan perayaan agama lain kita juga berpartisipasi memberi bantuan pada warga kurang mampu,” ucapnya.

Dalam sampaiannya, ia berpesan jangan melihat jumlah bantuannya. Tetapi lihatlah tali silaturahmi yang telah dijalin. “Anggap kami saudara. Kami pasti anggap semua sebagai saudara kandung kami dalam perut ibu pertiwi,” terangnya.(iza)

Berita Terkait