Jalan Sebukit - Sekabuk Disyukuri

Jalan Sebukit - Sekabuk Disyukuri

  Senin, 25 April 2016 10:06
SENANG: Warga Desa Pasir, Eddy Iriansyah (kiri) dan Syamsu Marlin Uding, Ketua RT 18 B Dusun Sebukit Rama di Jalan Sebukit-Sekabuk.Wahyu Ismir/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH-Pembangunan jalan Sebukit Rama-Sekabuk sepanjang 18 kilometer yang berhasil menembus isolasi antara Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir dan Desa Sekabuk, Kecamatan Sadaniang, benar-benar disyukuri masyarakat.

Eddy Iriansyah, warga Desa Pasir, yang juga Ketua Forum  Kewaspadaan Masyarakat Dini Kecamatan Mempawah Hilir, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah yang telah merealisasikan pembangunan akses jalan di dua desa, yakni Desa Pasir dan Desa Sekabuk.

 “Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Bupati Mempawah, Bapak Ria Norsan. Sebab berkat bekerja keras beliau selama ini, jalan akses dua desa dan dua kecamatan yang telah lama kami dambakan dapat terwujud,” ujar Eddy.

Kehadiran jalan tersebut, menurutnya, memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Mempawah. Tidak saja meningkatkan aktivitas perekonomian, tapi juga memudahkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

 “Ambulan Puskesmas Sadaniang kini juga tak lagi kesulitan untuk membawa pasien rujukan.  Jika dulu harus memutar melewati Kecamatan Toho, Anjongan dan Sungai Pinyuh, kini bisa langsung ke Mempawah. Dulu harus berjam-jam, sekarang ini cukup 30 menit sudah tiba di RSUD dr Rubini Mempawah,” jelasnya.

Begitu pula bagi sektor pendidikan. Para pelajar di Kecamatan Sadaniang kini memiliki banyak pilihan untuk bersekolah di Kota Mempawah. Wawasan para pelajar juga semakin terbuka. Dan ini diharapkan bakal semakin meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Mempawah.

Dalam kesempatan itu pula, Eddy Iriansyah meminta Pemerintah Kabupaten Mempawah dapat segera melanjutkan pembangunan jalan dari Sebukit hingga ke jalan poros Desa Pasir yang telah dianggarkan Rp 27 miliar pada APBD 2016 ini. “Jika jalan tersebut sudah selesai dikerjakan, semakin lengkap lah kebahagiaan kami karena memiliki akses jalan yang baik,” imbuhnya.

Eddy selanjutnya juga mengusulkan agar Pemkab Mempawah mewujudkan jalan lingkar untuk membangkitkan kembali sejarah lama Sebukit Rama sebagai Kota Wisata Ritual, dan melaksanakan normalisasi Sungai Sederam untuk memudahkan masyarakat membangun sektor perkebunan dan pertanian.

Ketua RT 18 B, Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Syamsu Marlin Uding, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah yang telah mewujudkan jalan akses dua desa dan dua kecamatan tersebut. “Karenanya, kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga jalan yang sudah mulus ini agar bisa terus dipergunakan demi kepentingan bersama,” imbuhnya. (wah)

Berita Terkait