Jalan Raya Sidas – Darit Rusak Parah

Jalan Raya Sidas – Darit Rusak Parah

  Kamis, 12 Oktober 2017 10:00
JALAN RUSAK: Kerusakan Jalan Raya Sidas - Darit kian parah dan membahayakan. Belum ada tanda kapan akan diperbaiki. Warga pun mengeluhkan kerusakan jalan tersebut.MIFTAHUL KHAIR/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Minta Perbaikan Surati Gubernur

NGABANG – Pemerintah Kabupaten Landak akhirnya mengirimkan surat ke provinsi Kalbar untuk melaporkan rusaknya jalan raya Sidas-Darit. Dengan harapan keluhan masyarakat akan rusaknya jalan tersebut akan segera diperbaiki.

Penjabat Sekda Kabupaten Landak, menerangkan, pihaknya sesuai prosedur sudah melayangkan surat dengan nomor 551.2/253/DISHUB-A1, tertanggal 22 Juni 2017 lalu. Surat tersebut lalu ditujukan langsung ke Gubernur Kalbar, Cornelis. “Sesuai statusnya jalan itu wewenang provinsi. Kita juga sudah surati agar segera memperbaiki,” katanya ditemui Rabu (11/10) lalu.

Ia mengaku, perihal kerusakan jalan antara Sidas-Darit sangat sering dikeluhkan warga selama ini, hingga sekarang masih belum ada perbaikan. Apalagi memasuki musim hujan sekarang, kondisi jalan semakin parah. Menurut pantauan wartawan harian ini terdapat sejumlah titik parah dengan kubangan air sedalam rekira 30cm.

Alpius menjelaskan, dalam surat tersebut berisikan kerusakan jalan yang harus diperbaiki segera dan menjadi skala prioritas berada di Rayan, Antan, Sebatu, Anik, Mamek, Jabeng, Anik, Darit dan Songga. Dalam surat tersebut juga disebutkan indikasi penyebab kerusakan, yakni karena muatan lebih angkutan kendaraan, serta tingginya arus mobilitas angkutan barang yang melewati ruas jalan dimaksud.

Sebab itu, demi meminimalisir kerusakan jalan perlu dilakukan berbagai upaya. Antara lain perlu dilakukan perbaikan pada kerusakan jalan yang terjadi di titik-titik tertentu. Selain itu, juga perlunya dilakukan pengawasan dan penindakan terhadap muatan berlebih angkutan yang melewati ruas jalan dimaksud.

Tak lupa, untuk mencegah meluasnya kerusakan jalan, pihaknya berharap kegiatan penindakan terhadap muatan lebih kendaraan angkutan barang dapat dilaksanakan sesegera mungkin. "Surat tersebut lalu ditembuskan kepada Kepala Dinas PU dan Lenataan Ruang Provinsi Kalbar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar," bebernya.

Di samping itu juga, dalam surat tersebut juga dikatakan bahwa Dinas Perhubungan Landak beserta jajaran Sat Lantas Polres Landak siap mendukung kegiatan provinsi. "Yakni dalam melakukan pengamanan dan penindakan, terhadap kendaraan yang ditemukan memuat angkutan lebih barang yang melewati ruas jalan tersebut," tutupnya.

Menanggapi kerusakan ruas jalan Sidas Darit tersebut, anggota komisi C DPRD Landak, Lipinus, menjelaskan kerusakan ruas Jalan Sidas Darit belakangan memang sangat parah, ditambah lagi saat ini musim penghujan. Selain itu banyak sekali kendaraan jenis dump truck membawa TBS yang melebihi tonase, sehingga menambah jalan tersebut menjadi rusak.

“Kerusakan jalan Sidas Darit ini merupakan perhatian kita bersama. Kerusakan jalan Sidas Darit ini perlu kita sampaikan kepada pemerintah, karena jalan Sidas Darit menjadi kewenangan pemerintah provinsi. Kalau jalan yang rusak ini dibiarkan, dapat menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan, seperti korban jiwa dan kerugian material,” tegasnya. (mif)

Berita Terkait