Jalan KB TNI 600 Meter Terwujud

Jalan KB TNI 600 Meter Terwujud

  Kamis, 28 April 2016 09:40
BERAKHIR: Karya Bhakti TNI di kawasan Jelu Air berakhir. Masyarakat dihadiahi jalan 600 meter yang siap digunakan.OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS- Karya Bhakti TNI di Desa Jelu Air Kecamatan Jawai Selatan, berakhir pada Rabu (27/4). Sasaran pokok berupa pembangunan fisik badan jalan sepanjang 600 meter sudah bisa digunakan warga untuk beraktifitas.

“Sasaran Karya Bhakti TNI meliputi fisik dan non fisik. Diantaranya pembangunan sarana yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat,” kata Dandim 1202/Skw Letnan Kolonel Inf Nico Reza H Dipura melalui Pabung Kodim 1202 Skw, Mayor Inf Purna, saat menutup karya bhakti TNI di Desa Jelu Air Kec Jawai Selatan, Rabu (27/4).

Selain fisik, Karya Bhakti TNI memiliki sasaran non fisik, diantaranya peningkatan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, bangkitnya sikap bela negara, jiwa wirausahan serta semakin kukuhnya jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, kegiatan Fisik bertujuan membantu mengatasi kendala dan keterbatasan kemampuan beberapa desa yang masih memerlukan pembangunan infrastruktur. Sementara melalui kegiatan non fisik, diharapkan mampu membuka dan menambah wawasan dan menumbuhkan kesadaran warga masyarakat guna berperan secara proporsional sesuai profesinya masing-masing.

“Melalui kegiatan non fisik, seluruh masyarakat senantiasa bersandarkan pada nilai-nilai demokrasi secara benar, mewujudkan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat secara bertanggung jawab serta selalu berorientasi pada koridor persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Karya Bhakti TNI, lanjutnya, adalah salah satu perwujudan dari pembinaan teritorial secara bertahap dan berlanjut tidak hanya pada saat bhakti TNI saja, namun dapat disiapkan pada setiap waktu dan kesempatan oleh setiap prajurit sesuai situasi dan kondisi daerah masing-masing dalam rangka membantu masyarakat dalam meningkatkan

pembangunan di daerah.

 “Hasilnya harus dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan masyarakat banyak. Ke depannya dapat dipelihara dan diupayakan untuk lebih ditingkatkan oleh pemerintah kecamatan dan aparat terkait didaerah,” katanya.

Koordinasi dan kerjasama yang terwujud dalam kegiatan bhakti TNI hendaknya dapat semakin ditingkatkan karena merupakan barometer bagi program-program lainnya sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara TNI, Pemda, Dinas Instansi terkait dan masyarakat.

“Kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat serta kerjasama dengan berbagai instansi lintas sektoral melalui program bhakti TNI, dibatasi waktu yang relatif singkat. Sehingga masih ada beberapa program pembangunan, terutama kebutuhan riil yang belum dapat diselesaikan dengan sempurna atau tidak dapat memenuhi sasaran yang telah

ditetapkan,” katanya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Sambas, Arlizen AB mengatakan sasaran pokok berupa pembangunan fisik berupa perbaikan badan jalan sepanjang 600 meter sangat membantu pembangunan daerah. “Luasan wilayah Sambas, yang besar, diperlukan dukungan seluruh komponen masyarakat dan salah satunya dukungan TNI melalui karya bhakti guna mewujudkan pemerataan pembangunan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, atas nama pemerintah daerah, masyarakat memberikan apresiasi yang tinggi dan ungkapan terima kasih kepada jajaran TNI khususnya Kodim 1202 Singkawang atas terwujudkanya karya bhakti TNI ini.(fah)

Berita Terkait