Jaga Kebersihan Lingkungan

Jaga Kebersihan Lingkungan

  Senin, 2 May 2016 09:53
BHAKTI SOSIAL : Lurah Pasir Wan Salim turun langsung membersihkan lingkungan dalam aksi bakti social. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Masyarakat Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur antusias berpartisapi dalam kegiatan membersihkan wakaf muslim di lingkungannya, Minggu (1/5) pagi. Aksi bersih-bersih itu dipimpin langsung Lurah, Sawadi, SE.

“Kebersihan itu sangat penting bagi kehidupan. Bahkan, Islam mengajarkan agar manusia senantiasa memelihara kebersihan. Sebab, kebersihan itu sebagian dari iman,” tutur Sawadi disela-sela kegiatan bakti sosial.

Menurut Sawadi, menciptakan lingkungan yang bersih merupakan hal yang penting bagi masyarakat. Termasuk lingkungan wakaf kuburan yang patut mendapatkan perawatan dan perhatian dari masyarakat muslim dilingkungannya.

“Kalau lingkungan tempat tinggal kita bersih dan rapi, tentu nyaman dipandang mata. Begitu pula wakaf pekuburan muslim ini patut kita pelihara agar tidak terkesan kumuh dan tak terurus. Apalagi yang dimakamkan disana ada orang tua hingga saudara dan kerabat kita,” ujarnya.

Lebih dari itu, Sawadi menyebut kebersihan menjadi bagian penting dalam upaya mewujudkan visi pemerintah daerah yakni terciptanya kehidupan masyarakat yang sehat dan berkualitas. Sebab, lingkungan yang bersih akan mendukung peningkatan mutu kesehatan bagi masyarakat itu sendiri.

“Jika lingkungan tempat tinggal kita kumuh dan kotor maka sangat  rentan terhadap serangan penyakit dan virus bakteri. Makanya melalui kerja bakti ini, saya ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Memang saat ini kita mulai dari membersihkan wakaf, nanti akan berlanjut ke lingkungan lainnya,” paparnya.

Karenanya, Sawadi berencana akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih tersebut sebagai agenda rutin setiap minggunya. Hingga akhirnya akan terwujud kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan maupun tempat tinggal.

“Untuk itu, saya mengharapkan dukungan dan partisipasi masyarakat di Kelurahan Pasir Wan Salim dalam mewujudkan kebersihan lingkungan ditempat tinggalnya masing-masing. Karena, lingkungan yang bersih akan mewujudkan generasi muda yang sehat dan berkualitas,” tukasnya.

Salah seorang masyarakat, Sanusi sangat antusias dan memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilaksanakan Lurah Pasir Wan Salim untuk menciptakan kebersihan lingkungan masyarakat tersebut. Dirinya pun optimis, kedepan masyarakat akan semakin sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Gerakan dan aksi seperti inilah yang kami harapkan dari Pak Lurah untuk membawa perubahan dan perbaikan bagi lingkungan masyarakat. Kami siap mendukung hal-hal yang positif untuk pembangunan daerah dan masyarakat,” ucapnya.(wah)

  

Berita Terkait