Jadilah Manusia Bermanfaat bagi Orang Lain

Jadilah Manusia Bermanfaat bagi Orang Lain

  Senin, 18 December 2017 21:01

Berita Terkait

ILMU Setinggi apapun jika tidak bermanfaat bagi orang lain atau tidak ditularkan kepada orang lain, maka Ilmu itu akan berhenti sampai disitu saja. Tetapi jika ilmu itu bisa ditularkan kepada orang lain maka ilmu itu akan bermanfaat bagi banyak orang. “Mari kita jadikan Ilmu yang amaliah artinya ilmu yang bisa bermanfaat bagi orang lain,” kata Drs Suhadi Sw Msi.

Manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan, lanjutnya, harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Apalagi dalam menghadapi berbagai masalah bangsa ini. Seperti munculnya intoleransi,  radikalisme, masalah narkoba, masalah kesenjangan sosial dan masalah bonus demografi, kesemuanya itu akan mengurangi masalah masalah tersebut. Sebab itu, lanjut Suhadi, perbedaan yang ada dalam masyarakat jangan dijadikan jurang pemisah tetapi perbedaan tersebut hendaknya dijadikan wahana perekat bangsa.”

“Kita adalah bersaudara, bangsa kita ini didirikan oleh para pendiri bangsa bukan oleh satu kelompok tetapi terdiri dari berbagai suku bangsa, etnis dan agama, sehingga tidak ada alasan bagi siapapun untuk mempermasalahkan etnisitas, maupun agama.”

Suhadi mengatakan, manusia sebagai mahluk sosial tidak bisa hidup sendirian tetapi saling memerlukan dan saling membantu. Bagaimana membuat orang lain bergembira, bagaimana  kita bisa saling membantu, bahu membahu bergandeng tangan membangun kebersamaan mewujudkan kebhinekaan. “Sebagai mahluk sosial, peduli terhadap sesama Empati terhadap lingkungan dan saling membantu adalah kunci menuju keberhasilan.”

Suhadi mengajak warga masyarakat untuk membiasakan diri berbagi kepada sesama berempati terhadap lingkungannnya. peduli terhadap orang yang membutuhkan uluran tangan, peduli terhadap sesame. “Karena kita adalah bersaudara, jika ada sahabat, teman, tetangga atau keluarga memerlukan uluran tangan, jangan biarkan mereka kecewa. Karena ucapan dan perilaku kita yang kurang simpati atau arogan. Banyak hal yang dapat kita lakukan agar kita bisa bermanfaat bagi orang lain.”

Kunci hidup bermanfaat bagi orang lain adalah  kepedulian, ada sesuatu yang menghalangi jalan misalnya, bantu pindahkan. “Ada kemacetan di Jalan, kita bantu mengatur lalu lintas. ada orang yang memerlukan bantuan, jika memungkinkan kita bantu.”

Suhadi juga mengajak warga masyarakat untuk tidak mudah terpancing emosi, tidak gampang marah, tidak mudah tersinggung dan saling hormat menghormati antar sesama karena kita adalah bersaudara. (arf)

Berita Terkait