Jadikan Kedondong Desa Idaman (KDI)

Jadikan Kedondong Desa Idaman (KDI)

  Selasa, 16 February 2016 11:32

KENDAWANGAN – Desa Kedondong, Kecamatan Kendawangan, kembali menunjukkan geliat pembangunan. Di hari jadi kesembilan mereka, desa hasil pemekaran Desa Pangkalan Batu tersebut mampu menunjukkan perubahan pembangunan yang cukup signifikan di bawah kepemimpinan Kepala Desa Kusmono.

Seperti acara yang dihelat pada Minggu (14/2) kemarin, di mana seluruh jajaran pemerintahan Desa Kedondong, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda bercampur baur dengan undangan dari unsur Muspika Kendawangan, Kepala Desa Mekar Utama, perwakilan perusahaan di wilayah Desa Kedondong, serta hadir pula perwakilan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana Kabupaten Ketapang, membuka secara resmi penggunaan tribun desa, dua unit bangunan kantor kepala dusun, rumah adat, serta bangunan bak penampungan air bersih yang bersumber dari dana ADD tahun 2013 – 2015.

Acara yang dimulai dengan suguhan tarian adat yang dibawakan oleh siswi SMP Satu Atap Desa Kedondong, dibarengi dengan prosesi adat oleh kepala adat dan demung adat desa tersebut, menambah semarak peresmian pembangunan desa dan HUT ke-9 Desa Kedondong. Kusmono, sang kepala desa, dalam sambutanya mengungkapkan ribuan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir memenuhi undanga mereka, terkait pembangunan fisik yang sekarang diresmikan. Disebutkan dia jika bangunan-bangunan tersebut dibangun dari dana ADD tahun 2013 – 2015. Sementara, dia menambahkan, masih banyak pembangunan lainnya yang juga tidak lepas dari peran serta perusahaan melalui program CSR. “Saya berharap program-program CSR dari perusahaan lebih ditingkatkan lagi, seiring dengan peningkatan dana yang bersumber dari ADD, sehingga pembangunan di Desa Kedondong Desa Idaman ini terus bergulir di berbagai sektor, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sambutan yang sama juga dipertegas oleh Ketua BPD Kedondong Suhardi. Menurutnya, pengelolaan anggaran ADD tahun 2013 – 2015, sudah sesuai dengan peruntukannya dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dia juga menegaskan jika BPD selaku pengawas pengelolaan anggaran, terus memberikan motivasi kepada pihak ketiga, untuk ikut andil dalam pembangunan di Desa Kedondong ini. Dia juga berharap agar pembangunan tetap berkelanjutan.

Sementara itu Camat Kendawangan Gusti Indra Kusuma dalam sambutanya sekaligus membuka secara resmi acara tersebut, mengakui jika baru di Desa Kedondong inilah, pembukaan dalam rangka peresmian pembangunan yang bersumber dari dana ADD, dilaksanakan dengan mengundang Muspika bersama Badan PMD dan KB Kabupaten Ketapang. Dikatakanya, kekompakan antara aparatur desa dengan masyarakatnya serta jiwa membangun yang melandasi desa ini, sehingga menjadikan desa tersebut tumbuh pesat. Dia juga tak memungkiri peran serta pihak perusahaan yang sangat mendukung dalan program pembangunan. “Karena ini juga merupakan tanggung jawab sosial perusahaan lewat program CSR-nya. Tentunya pembangunanya harus sinergis dengan program pembangunan desa,” kata dia.

Sementara itu Tengku Edi, kepala Sub Bagian PMD Badan PMD dan KB Kabupaten Ketapang, saat menutup rangkaian sambutan, berharap dengan momentum peresmian pembangunan sekaligus HUT Desa Kedondong ini, mampu mempererat tali silaturahmi antara pemerintahan desa dengan masyarakatnya. Diakuinya jika keberhasilan pembangunan di desa tanpa dukungan dari masyarakat, akan sulit berkembang pembangunanya. Lebih lanjut dikatakannya, dalam rangka roda pemerintahan desa ada empat pilar anggaran yang melandasi keberhasilan pembangunan desa, yang pertama dana desa yang bersumber dari dana APBN yang pada tahun 2016 ini, ada sinyal dari Pemerintah Pusat akan naik total seratus persen. Kemudian, dia menambahkan, yang kedua alokasi dana desa (ADD) yang murni dari APBD Kabupaten Ketapang, yang disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Sementara, ketiga, disebutkan dia, dana bantuan Provinsi yang tiap tahun dianggarkan Rp4.800.000, di mana item belanjanya tidak bisa dialihkan ke yang lain. Terakhir, diungkapkan dia, dana dari bagi hasil pajak sesuai dengan pemasukan dari sektor pajak di tiap desa.

Apresiasi serta dukungan peresmian pembangunan dan hari jadi Desa Kedondong juga mengalir dari Kepala Desa Mekar Utama Abi Mansur, Danramil 1203-03 Kendawangan Kapten Arifin, Kapolsek Kendawangan melalui Kanit Binmas Bripka Suparman, serta Paulus Pedoman selaku DAD Desa Kedondong. Melalui kata sambutanya, masing-masing pada acara tersebut, serta pada malam harinya diadakan acara pembagian hadiah piala kepada masing masing pemenang juara 1, 2, dan 3 dalam lomba pertandingan sepak bola, bola dangdut, dan bolavoli putra dan putri, dalam rangka memperingati HUT Desa Kedondong yang ke-9. (efy/ser)