Jadikan Kawasan Ekowisata

Jadikan Kawasan Ekowisata

  Selasa, 23 Agustus 2016 09:36
MEMANCING: Wakil Bupati SambasHairiah bersama dengan para pemancing udang yang akan berlomba

Berita Terkait

SAMBAS - Potensi pesisir Paloh, harus dijadikan kawasan ekowisata, hal itu bisa terwujud dengan adanya kerjasama semua pihak.

"Potensi pesisir Paloh begitu luar biasa. Dan ini dapat dijadikan kawasan ekowisata," kata Wakil Ketua DPRD Sambas, Misni Safari. Menurutnya, adanya rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional. Paloh serta Danau Sentarum di Kapuas Hulu sebagai kawasan strategis nasional.

"Saya menaruh harapan besar dengan adanya Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional yang menempatkan Paloh dan Danau Sentarum sebagai kawasan strategis pariwisata nasional," katanya.

Sekarang ini, bagaimana kita menggodok

Rancangan tersebut. Dengan tentunya menjaga potensi alam yang ada, terutama hewan langka yakni penyu yang ada di pesisir Paloh.

"Kerja sama semua pihak sangat menentukan masa depan pesisir Paloh. Karena ini adalah anugerah besar yang harus kita jaga,” katanya.

Kepala Seksi Pendayagunaan dan Pelestarian, BPSPL Pontianak, Syarif Iwan Taruna Alkadrie menyebutkan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mencanangkan kawasan konservasi perairan sebanyak 20 juta hektar hingga 2020. Diharapkan kawasan konservasi pesisir Paloh. Bisa menjadi salah satu bagian yang masuk didalamnya.

KKP juga sudah melakukan upaya, yakni mendorong pemerintah setempat mengusulkan kawasan Paloh. Kemudian menyusun zonasi dan membuat surat pencadangan kawasan konservasi perairan Paloh ke KKP.(fah)

Berita Terkait