Jadikan Hari Kartini Motivasi

Jadikan Hari Kartini Motivasi

  Jumat, 22 April 2016 09:18
DIABADIKAN: Pengurus TP PKK Kabupaten Ketapang diabadika usai peringatan hari lahir RA Kartini, kemarin.FOTO IST

Berita Terkait

KETAPANG-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang, Ny Elisabet Bety Martin Rantan mengharapkan peringatan Hari Kartini yang setiap tahun dilaksanakan, hendaknya dapat memberi motivasi dan semangat bagi kaum perempuan.

“Kita sebagai kaum wanita hendaknya tidak melupakan kodratnya yang memiliki tugas utama sebagai isteri dan sebagai seorang ibu,” kata Elysabeth Bety ketika memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Lahir RA Kartini ke-137, tepat pada Kamis, 21 April 2016 berlangsung di Pendopo Bupati Ketapang.

Menurut Elysabet peringatan Hari Kartini ini tidak hanya sekedar melaksanakan kegiatan bersifat sementara seperti lomba berbusana nasional dan lomba keluwesan berbusana dan lainnya, akan tetapi lebih kepada menuju kepada perjuangan yang berguna bagi kita sendiri keluarga orang lian bahkan negara. Dalam memperingtai Hari Kartini guna mengenang perjuang pahlawan emansipasi wanita itu, panitia disebutkan dia menggelar berbagai perlombaan seperti busana nasioanal, dan keluwesan berbusana serta kegiatan lainnya. “Kartini membawa dampak luar biasa, saat ini kita melihat kaum wanita berada diposisi kepemimpinan bukan hal yang tabu lagi,” ucap dia.

Lebih lanjut Elysabet mengingatkan kepada kaum wanita tetap menjunjung tinggi adat ketimuran bangsa Indonesia, meskipun sebagai wanita karier yang berkarya sebagai profesi apapun tetapi tugas sebagai isteri dan sebagai seorang ibu jauh lebih berat dari profesi apapun. “Karena dimulai dari keluarga akan lahir generasi penerus bangsa,” katanya.

Elisabet menambahkan, bahwa Hari Kartini yang peringati sebagai penghormatan atas terwujud simbol persamaan gender dan emensipasi wanita.  

Bupati Ketapang, Martin Rantan SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asiten II Setda, Farhan SE MSi mengatakan, tema Hari Kartini pada tahun ini adalah dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas keluarga melalu generasi sehat, ekonomi kuat dan perempuan bermartabat. Tema dimaksud, disampaikan dia, masih sangat relevan dengan kondisi saat ini dimana persoalaan kesehatan masih terjadi di masyarakat.

Lebih lanjut, dikatakan Farhan, kesehatan merupakan persoalan yang mendasar dalam melaksanakan aktivitas sehari hari termasuk bekerja meningkatkan kualitas perempuan dan ekonomi keluarga. “Generasi yang berkualitas berawal dari perempuan yang berkualitas,” ujarnya.

Perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas luar biasa, besar dalam membentuk karater bangsa. Kemampuan ini tentunya memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi. “Dengan kemampuan ini pulalah yang mendasari RA Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, hingga mampu memberikan perubahan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat,” ucap Farhan.

Dalam rangkaian peringatan hari lahir RA Kartini ke 137 tahun 2016 ini, Wakil Ketua TP PKK Ny Suharni Suprapto S didaulat untuk membacakan sejarah singkat RA Kartini pahlawan emansipasi wanita.(ser)

Berita Terkait