IWAPI Singkawang Mencontoh Keberhasilan Susi Pudjiastuti , Pengepul Ikan, Perusahaan Penerbangan dan Menteri

IWAPI Singkawang Mencontoh Keberhasilan Susi Pudjiastuti , Pengepul Ikan, Perusahaan Penerbangan dan Menteri

  Kamis, 11 February 2016 10:04
PAMERAN: Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ketua PKK, dan Duta ASI Singkawang meninjau pameran produk IWAPI Kota Singkawang. OZY/ PONTIANAKPOST

SEPAK terjang Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bisa menjadi cerminan para pengusaha wanita di Kota Singkawang. Agar bisa berbicara di dunia usaha hingga tingkat nasional, bahkan internasional. Fahrozy, Singkawang

“SEKARANG siapa yang tidak kenal Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. Dulunya pernah menjadi pengepul ikan di Pangandaran, kemudian menjadi pengusaha sukses dan sekarang telah diangkat menjadi menteri,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Singkawang, Arman Suyono, saat menghadiri pembukaan pelantikan pengurus Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Kota Singkawang periode 2016 –

2021, Rabu (10/2).

Menurut Arman yang juga mengidolakan sosok Susi Pudjiastuti, pada awal kariernya diangkat menjadi menteri. Banyak orang yang ragu atas kepercayaan tersebut. Namun, hal itu dijawab olehnya, dengan sikapnya yang tegas.

“Sikap pengusaha yang dimiliki bu Menteri, mudah-mudahan menjadi cermin pengusaha wanita Singkawang. Terlebih, sampai dengan saat ini belum ada pengusaha wanita dari kota ini yang sudah ditingkat Nasional,” katanya.

Dirinya pun berharap, dengan hadirnya Iwapi, kemudian pengurus baru saat ini. Bisa memberikan dampak yang baik bagi pengusaha wanita di kota ini.“Iwapi Singkawang diharapkan bisa membawa dimensi baru, nuansa baru, semangat baru, program baru,” katanya. Dirinya tidak berharap, organisasi yang ada, setelah dibentuk selesai sudah dan tidak ada kegiatan apa-apa.“Berdasarkan teori, organisasi dibentuk guna mencapai tujuan, sekarang Iwapi tujuan adalah meningkatkan peran wanita dibidang perekonomian jadi setelah dilantik jangan diam, laksanakan program,” katanya.

Ketua Iwapi Kota Singkawang, Hj Zavina mengatakan keberadaan organisasi ini. Guna membantu kaum perempuan bisa menjadi penunjang sektor ekonomi di keluarganya. Lantaran selama ini, wanita hanya mengurus rumah tangga dan tidak boleh mencari uang.“Melalui wadah Iwapi, diharapkan perempuan bisa menghasilkan uang untuk menunjang ekonomi keluarga. Sehingga kemiskinan tidak ada lagi. Kemudian akan berpengaruh secara luas kepada daerah,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga berharap. Peran dari pemerintah serta pihak terkait lainnya. Juga mendukung perkembangan Iwapi. Yakni dengan melibatkan di berbagai kegiatan, kemudian memberikan penyuluhan serta pelatihan.Iwapi sendiri, selain beranggotakan pengusaha berbagai tingkatan. Mulai dari home industri, yang biasa dilakukan para ibu rumah tangga. Bersamaan dengan pelantikan, dilaksanakan kegiatan peringatan HUT Iwapi Ke 41 serta pameran produk anggota Iwapi di Mess Daerah. (*)