Istirahat Berkualitas Bisa Gantikan Antibiotik

Istirahat Berkualitas Bisa Gantikan Antibiotik

  Rabu, 1 November 2017 08:05
CEGAH RESISTAN: Antibiotik sebaiknya benar-benar digunakan untuk penyakit yang memang memerlukan obat itu. Sebab, sebetulnya tidak semua kondisi membutuhkan antibiotik. (Pixabay)

Berita Terkait

LEBIH dari seperlima resep antibotik yang beredar tidak berguna karena pasien ternyata bisa sembuh dengan sendirinya. Fakta itu diungkap Lembaga Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE) sebagaimana dikutip BBC. Pasien sembuh setelah menjalani istirahat cukup.

Penggunaan obat-obatan secara berlebihan justu membuat infeksi makin berat lantaran tubuh menjadi kebal dengan obat-obatan antibiotik tersebut. Menurut PHE, pasien semestinya turut andil dalam menghentikan perkembangan infeksi itu dengan tidak meminta dokter langsung meresepkan antibiotik untuk mereka.

Antibiotik memang diperlukan dalam kasus sepsis, pneumonia, meningitis, dan sejumlah infeksi lain. Namun, tidak semua sakit membutuhkannya. Untuk batuk atau bronkitis, antibiotik bisa mempersingkat sakit itu menjadi satu atau dua hari. Namun, sebetulnya penyakit tersebut sembuh sendiri dalam tiga minggu.

Direktur Kesehatan PHE Prof Paul Cosford menyatakan, ”Kita tidak selalu memerlukan antibiotik untuk kondisi yang umum. Sebagian besar dari kita yang menderita infeksi akan sembuh karena imunitasnya sendiri.”

Cosford menjelaskan, untuk memulihkan kondisi, pasien bisa beristirahat cukup, menggunakan obat pereda rasa nyeri seperti parasetamol, dan tidak lupa minum banyak cairan. ”Dokter yang baik akan menentukan kapan pasien memerlukan antibiotik dan tidak. Fakta kita minum antibiotik saat tidak sedang memerlukannya membuat obat itu tak akan bekerja maksimal ke depannya,” ujarnya.

PHE sudah membuktikan hal itu. Pada 2005–2007, dalam penelitian di Laboratorium Colindale di utara London, mereka hanya menemukan dua atau empat kasus bakteri tertentu yang tahan antibiotik. ”Tapi, tahun lalu membengkak menjadi 2 ribu kasus,” jelasnya. (*)

(nor/c16/ayi)

Berita Terkait