Intensif hingga Desember

Intensif hingga Desember

  Sabtu, 27 Agustus 2016 13:29
RAZIA: Satlantas Polres Kapuas Hulu menegakkan disiplin berkendara dan tertib pembayaran pajak seperti kegiatan operasi razia kendaraan yang mereka gelar di Jalan Komyos Sudarso Putussibau, Jumat (26/8) pagi.

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Satuan Polisi Lalu Lintas (Polantas), UPPD Putussibau, dan Polisi Militer terus melakukan razia gabungan. Kegiatan tersebut mereka gelar sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran membayar pajak kenderaan bermortor dan tertib berlalu lintas.

 
Razia ini sendiri akan berlangsung hingga Desember tahun ini. Dengan kegiatan tersebut diharapkan pendapatan pajak dari kenderaan bermotor meningkat demi ketertiban berlalu lintas.

Razia gabungan yang rutin itu dipimpin langsung Kasatlantas Polres Kapuas Hulu Iptu Kamto. Dalam razia tersebut, para petugas memeriksa satu persatu kendaraan bermotor, baik kenderaan roda dua maupun roda empat yang melintas di Jalan Komyos Sudarso Putussibau. “Ini merupakan razia rutin kami, yang dirazia tak hanya masyarakat umum, anggota TNI, dan Polri juga tak kami lewatkan,” katanya Jumat (26/8) pagi di Putussibau.

Menurut Kasatlantas, tujuan dilaksanakan razia gabungan itu untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas terhadap pengedara baik kendaraan. Selain itu, dia menambahkan, juga bertujuan menertibkan kendaraan yang sudah mati pajaknya.“Sasaran kegiatan razia adalah  melakukan pemeriksaan terhadap  kelengkapan pengemudi, kelengkapan kenderaan bermotor, dan kendaraan yang sudah mati pajak,” papar Kamto.

Dari hasil pemeriksaan terhadap pengemudi dan pengendara bermotor tersebut, disebutkan dia jika jumlah pelanggar tilang  sebanyak 14 orang, teguran tertulis (8 pengendara), teguran peringatan (47 orang), dan pelanggaran yang membayar pajak  ke pada UPPD sebanyak 47 pemilik kenderaan bermotor. Kasatlantas menegaskan bahwa razia gabungan tersebut akan dilaksanakan secara berkelanjutan hingga Desember tahun 2016.

Diingatkan dia juga bahwa program pemerintah tentang pengahapusan denda terhadap kendaraan bermotor akan berakhir pada Desember mendatang. Untuk itu, Kamto mengimbau  kepada masyarakat Kapuas Hulu, apabila akan bepergian  mengunakan kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor, harus menggunakan kelengkapan seperti helm dan surat-menyurat kendaraan. “Jika tidak, pasti akan ditilang,” janji dia.

Kamto juga meminta para pemilik kendaraan bermotor, apabila kendaraan mereka sudah mati pajaknya, agar segera membayar ke Dispenda (UPPD). Karena untuk sekarang ini sampai Desember, menurut dia, apabila pajak kendaraan mati, maka tidak dikenakan denda dan cukup membayar pokoknya. “Pengampunan pajak masih ada, manfaatkan peluang itu. Sebab kalau lewat Desember sudah ada denda,” terangnya.(aan)

 

 

 

Berita Terkait