Inspeksi Kesiapan Satgas Perbatasan RI-RDTL

Inspeksi Kesiapan Satgas Perbatasan RI-RDTL

  Jumat, 13 May 2016 09:48
TINJAU: Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A meninjau kesiapan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL di Yonif 641/Raider. FOTO : PENDAM

Berita Terkait

KUBU RAYA – Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A meninjau kesiapan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL di Yonif 641/Raider, Kamis (12/5). Pangdam XII Tanjungpura didampingi oleh perwira ahli, para Asisten dan Kabalak termasuk Kapendam XII Tanjungpura usai menerima paparan Danyonif 641/Raider Letkol Inf Wisnu Herlambang tentang kesiapan pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL, melakukan pengecekan kesiapan Satgas.

Gelar pasukan untuk pemeriksaan pasukan baik  personel maupun materil serta kemampuan dan keterampilan  prajurit yang tergabung dalam Satgas. “Materil, perlengkapan perorangan, senjata memang merupakan peran penting dalam pelaksanaan tugas namun dengan kelengkapan yang canggih tentunya harus diimbangi dengan kemampuan prajurit,” ujar Pangdam saat melakukan inspeksi pasukan.

Dikesempatan yang sama, Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A menegaskan bahwa peninjauan yang dilakukan itu merupakan tahap awal, masih ada dua lagi yang akan meninjau yaitu dari Mabes TNI AD dan Mabes TNI. Dalam menjalankan tugas operasi Prajurit harus menjaga tata kerama kearifan lokal, menjunjung  tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, menjalin interaksi hubungan dengan masyarakat, lingkungan dan alam tempat penugasan. 

"Walaupun dalam pelaksanaan tugas perbatasan banyak kegiatan patroli dan binter, prajurit harus tetap menjaga fisik, kebugaran tubuh, serta kesehatan. Jangan hanya patroli, makan, istirahat, tetap harus olahraga. Kalau perlu sebelum dan sesudah Satgas ini dilaksanakan harus diadakan Kesamaptaan untuk mengukur kebugaran tubuh prajurit-prajurit kita,”papar Pangdam.  

Agung Risdhianto berharap setiap prajurit bisa memperhatikan faktor keamanan personel maupun materil. “Jalin kerjasama dengan Satgas Sektoral dalam hal ini komando kewilayahan di RDTL, dan tidak lupa selalu menjaga kepercayaan warga negara Indonesia yang berada di perbatasan RI-RDTL untuk mengamankan serta menjaga wilayah Negara Republik Indonesia,” pungkasnya. (ash) 

Berita Terkait