Inovasi Pameran Buku di Era Digital

Inovasi Pameran Buku di Era Digital

  Senin, 6 November 2017 10:00
BAZAR BUKU : Para pengunjung Kalbar Book Fair yang didominasi anak muda sedang asyik melihat dan mencari referensi buku.

Berita Terkait

TAK bisa dipungkiri kemajuan teknologi bikin fisik dan perilaku membaca berubah, termasuk konsep sebuah pameran buku. Belakangan, pameran-pameran buku memang bertransformasi dari sekadar tempat bertemu para penerbit dan bazar buku, kini menjadi festival yang menjual pengalaman. Tujuannya agar menarik Generasi Millennial dan Gen Z, yang memang lebih senang membeli pengalaman ketimbang barang.

Selain bazar buku, pengunjung juga disajikan pertunjukan seni dan budaya, musik, dan diskusi-diskusi literasi. Konsep ini sudah diterapkan oleh pameran-pameran buku terbesar di dunia seperti Frankfurt Book Fair, London Book Fair dan Beijing International Book Fair yang diadakan bulan Agustus lalu.

Indonesia pun mulai mengikuti jejak ini. Pada 6-10 September lalu, ada Indonesia International Book Fair (IIBF) di Jakarta Convention Center. Konsep bazar buku memang masih dipertahankan. Tapi tampilannya sudah lebih dinamis. Diskusi interaktif dengan penulis disajikan di sela-sela acara. 

Begitu pula dengan Kalimantan Barat. Kalbar Book Fair 2017 (KBF2017) yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat pada 1 November – 7 November ini juga mengusung inovasi dari konsep pameran buku di era digital. Hingga saat ini, konsep tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat terutama kawula muda. Menurut pantauan Zetizen, sejak tanggal 1 November hingga sekarang, Rumah Radakng yang menjadi tempat acara selalu ramai dikunjungi anak muda hingga malam.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Ignatius Ik, pameran ini didesain berbasiskan konsep baca, belanja, ceria. “Konsep ini kami terjemahkan untuk mendesain sebuah pameran buku dengan penataan lokasi pameran bernuansa taman warung kopi, musik, dan pameran seni,” ujarnya.

Pameran buku juga memberi ruang gerak bagi penerbit lokal. Baik itu yang diterbitkan melalui kampus, penerbit lokal dan komunitas. Tentunya ini sangat menguntungkan, apalagi bagi penulis independen yang tergabung dalam Forum Indonesia Menulis gagasan Fakhrul Ar-Razy misalnya. “Acara seperti ini harus diperbanyak dan diperluas lagi agar penulis lokal punya wadah unjuk gigi sehingga mereka bisa dikenal,” ujar Pii, salah satu mentor Forum Indonesia Menulis ketika ditemui di KBF2017.

Dialog interaktif dengan menghadirkan penulis ternama juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Para penggiat literasi baik lokal maupun nasional dilibatkan. Salah satunya Amrin Zuraidi. Dalam diskusi literasi dan bedah buku hari ketiga, penulis asal Kalbar ini mengungkapkan di beberapa tahun terakhir kemampuan literasi anak muda meningkat. Hanya saja kritik terhadap karya masih kurang karena itu bedah buku penting diadakan.

“Antusias anak muda ini luar biasa, pertanyaan dan rasa ingin tahu mereka cukup tinggi. Dibandingkan dengan sebelumnya, sekarang kesadaran literasi mereka lebih baik. Nggak hanya kemampuan menulisnya, namun hadirnya klub-klub membaca. Percuma jika penulis banyak tapi tidak ada yang membaca, bersyukur sekarang keadaanya sudah berimbang,” ujar Amrin.

Tak hanya melulu tentang buku, penampilan seni budaya, pameran seni, arsitektur, pertunjukan musik juga jadi pemikat anak muda untuk berkunjung. Para musisi lokal Kalbar tampil menghibur. “Terus terang kami dari Manjakani sangat bangga bisa mengisi konser buku dengan apresiasi penonton yang tinggi. Apalagi pada saat sesi bedah lirik, mereka sangat antusias sekali. Konsep konser buku ini juga bagus sebagai daya tarik buat anak muda,” komentar Nabila, personel Manjakani.

Perilaku membaca memang telah berubah, tak hanya mengandalkan fisik buku. Namun bukan berarti pameran buku sepi dan mati. Dengan berbagai inovasi, pameran buku tetap diminati. Setidaknya bagi generasi millennial dan Gen Z, pameran buku bisa menjadi sarana untuk mengakses literasi yang lebih luas. (dee)

Berita Terkait