Ini Dia Klub Penyumbang Gol Terbanyak di Euro 2016

Ini Dia Klub Penyumbang Gol Terbanyak di Euro 2016

  Sabtu, 9 July 2016 05:06

Berita Terkait

Sudah 107 gol tercipta hingga rampung babak semifinal Euro 2016. Setiap laga rata-rata tercipta 2,14 gol. Menariknya, dua klub raksasa asal kota Madrid menjadi penguasa di daftar pencetak gol terbanyak.

Atletico dan Madrid sejatinya bukan klub dengan jumlah pemain terbanyak di Euro 2016. Madrid menyumbang total 8 pemain, sedangkan Atletico di bawah itu. 

Pemain dari kedua klub masih tak lebih banyak dari Juventus dan Liverpool sebagai penyumbang terbanyak dengan 12 pemain, disusul Tottenham Hotspur (11 pemain), Manchester United (10), Barcelona, Bayern Muenchen, dan Fenerbahce (9).

Namun, dalam hal torehan gol hingga babak semifinal, Atletico dan Madrid justru berada di urutan teratas. Pemain dari kedua klub masing-masing sudah membukukan 7 gol, dengan total 14 gol.

Atletico pantas bangga memiliki Antoine Griezmann, yang sudah mengumpulkan 6 gol untuk timnas Prancis. Dia juga sukses bertengger di posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak Euro 2016 dengan koleksi gol dua kali lebih banyak dari pesaingnya.

Selain 6 gol dari Griezmann tambahan satu gol lagi dilesakkan oleh penggawa timnas Belgia, Yannick Ferreira-Carrasco.

Sementara, torehan gol dari pemain Madrid justru lebih merata. Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Gareth Bale (Wales) masing-masing menyumbang 3 gol, ditambah satu gol dari Luka Modric (Kroasia).

Atletico dan Madrid berpeluang menambah koleksi gol pada partai final karena Ronaldo dan Griezmann akan saling bersua di Stade de France, Saint-Denis, pada Senin (11/7) dini hari WIB.

Di bawah kedua klub asal Madrid itu, ada jawara Italia, Juventus, yang sudah mengumpulkan 6 gol. Masing-masing gol Juventus dicetak 3 oleh Alvaro Morata bersama Spanyol, serta masing-masing 1 gol melalui Paul Pogba (Prancis), Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini (Italia).

Arsenal hanya terpaut satu gol di bawah Juventus berkat sumbangan 3 gol Olivier Giroud (Prancis), serta satu gol masing-masing dari Aaron Ramsey (Wales), dan Mesut Oezil (Jerman).

Fenerbahce, yang menyumbang 9 pemain pada gelaran Euro 2016 ini, juga sudah mengoleksi 4 gol. Nani yang akan pindah ke Valencia pada musim depan, mengoleksi 3 gol diikuti Ozan Tufan dengan satu gol.

Peluang menambah gol dimiliki oleh Arsenal dan Fenerbahce pada laga final Euro 2016 melalui Giroud dan Nani. Namun, agaknya status klub penyumbang gol terbanyak di Euro 2016 akan tetap diperebutkan dua klub Madrid. Apakah Griezmann akan menambah gol untuk Atletico, atau Ronaldo untuk Madrid. (ira/JPG)

Klub penyumbang gol terbanyak di Euro 2016:

7 - Atletico: Antoine Griezmann (6 gol), Yannick Carrasco (1)
7 - Real Madrid: Cristiano Ronaldo (3), Gareth Bale (3), Luka Modric (1),
6 - Juventus: Alvaro Morata (3), Leonardo Bonucci (1), Paul Pogba (1), Giorgio Chiellini (1)
5 - Arsenal: Olivier Giroud (3), Aaron Ramsey (1), Mesut Oezil (1)
4 - Fenerbahce: Nani (3), Ozan Tufan (1)

Berita Terkait