Ini Bahayanya Jika Anak Jarang Sarapan

Ini Bahayanya Jika Anak Jarang Sarapan

  Kamis, 14 April 2016 20:47
Ilustrasi. Foto: AFP

Berita Terkait

Para orang tua wajib memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Sebab, kebutuhan nutrisi diperlukan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Apalagi, bagi anak yang berusia 7-12 tahun. Dalam usia tersebut, anak-anak mengalami proses transformasi yang‎ paling intens dalam hidupnya. 

Pada tahap ini, anak-anak sedang dalam tahap mengembangkan kemampuan dan pengetahuan baru seiring pertumbuhan fisik mereka. Nah, jika kebutuhan nutrisi anak tak terpenuhi‎ maka akan berdampak para pertumbuhannya. 

"Anak-anak yang kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi secara optimal memiliki resiko terhambatnya pertumbuhan," ujar Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang dan Pediatri Sosial dr. Soedjatmiko, SpA(K) dalam acara "Tumbuh Aktif, Temukan Hebatmu" Bersama Boneeto di Lotte Avenue Shopping Jakarta.

Dia menambahkan, kekurangan nutrisi juga memberikan dampak pada perkembangan fisik, menimbulkan kelelahan, dan emosi. "Serta, memberikan dampak pada keterampilan sosial mereka saat ini dan di masa depan," sambungnya.

Dr. Soedjatmiko juga menyesalkan, lanraran ditemukannya anak-anak yang masih mengalami kekurangan asupan nutrisi. "Sekitar 11,2 persen mengalami kekurangan gizi dan 26,4 persen mengalami anemia," sebutnya.

Lebih lanjut, dia melanjutkan, dan sekitar 60 persen anak tidak pernah sarapan. Padahal, sarapan sangat diperlukan anak untuk membantu kembangkan cara berpikirnya‎. 

"Anak-anak yang jarang atau tidak pernah sarapan akan memiliki cabang otak yang sedikit alhasil menghambat daya berpikirnya. Sedangkan, anak yang selalu sarapan akan memiliki banyak cabang di otak sehingga menghasilkan anak yang cepat tanggap," jelasnya.

Sejatinya, kata dia, kebutuhan nutrisi mampu untuk mengaktifkan sistem sensorik, pembelajaran, dan ekspresikan diri. "Bentuk ekspresikan diri, misalnya olahraga, nyanyi, menari, dan yang lainnya," tandasnya. 

Oleh karenanya, para orang tua wajib memberikan makanan sehat kepada anak-anaknya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bahkan, bila perlu berikan tambahan suplemen berupa susu. 

Anchor Boneeto yang merupakan salah satu produk susu anak-anak unggulan Fonterra Brands Indonesia menyuguhkan susu dengan kandungan nutrisi berkualitas tinggi, lemak, karbohidrat, serta sumber yang kaya akan vitamin dan mineral. 

Selain itu, Anchor Boneeto juga membantu membangun energi yang diperlukan selama masa pertumbuhan dan perkembangan secara maksimal.(rka/JPG)

Berita Terkait