Ini Agenda Festival Cap Go Meh Besok

Ini Agenda Festival Cap Go Meh Besok

  Jumat, 19 February 2016 14:49

Berita Terkait

PONTIANAK - Kegiatan memeriahkan Festival Cap Go Meh 2567 terus akan berlangsung hingga, Selasa (23/2). Salah satu agenda menarik yang selalu menjadi pusat perhatian adalah prosesi ritual buka mata naga akan diadakan, Sabtu (20/1) besok.

Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh dari Yayasan Bhakti Suci Sugioto (Rico) menjelaskan untuk tahun ini ada sekitar 14 ekor naga yang berpartisipasi. Seperti tahun-tahun sebelumnya ritual buka mata naga dipusatkan di Kelenteng Kwan Tie Bio, Jalan Diponegoro. “Ritual akan dimulai sejak pukul 07.00,” katanya saat jumpa pers di Restoran Gajah Mada, Kamis (18/2).

Ritual buka mata naga biasanya dilakukan oleh seorang tatung yang mempunyai kemampuan dalam hal itu. Setelah naga selesai melaksanakan prosesi ritual, barulah boleh diarakan di jalan, berkunjung ke kelenteng atau vihara dan ke rumah para donaturnya. Naga-naga ini sudah dianggap dapat memberikan kekuatan gaib untuk tolak bala atau mengusir kekuatan jahat.

Tradisi buka mata naga biasanya dilakukan tiga hari sebelum Cap Go Meh atau hari ke-13 setelah Imlek. Kegiatan ini merupakan suatu tradisi budaya masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia, sedangkan di Tiongkok tidak ada acara semeriah ini.

“Ini anugerah oleh Tuhan bagi bangsa Indonesia memiliki beragam budaya yang mempunyai nilai ekonomis di bidang pariwisata,” ujarnya.

Menurutnya, walaupun kondisi ekonomi Indonesia secara umum masih belum membaik, diharapkan dengan even Cap Go Meh ini bisa memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat Kalbar.

Adapun kegiatan yang akan ditampilkan selama Cap Go Meh antara lain, pembukaan stan promosi, kuliner dan seni budaya, festival kompetisi barongsai, panggung hiburan, permainan drumband, penampilan busana tradisional masyarakat Tionghoa, arakan barongsai, arakan naga dan naga langit bersinar di malam hari.

Panitia mengharapkan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat. Khususnya warga Pontianak agar selama even berlangsung bisa menjaga kota ini tetap aman, tertib, lancar dan bersih. “Saling menghargai dan selalu menjalin komunikasi antarwarga, antartokoh masyarakat dan antartokoh agama serta instansi terkait,” ucapnya.

Menurutnya, dengan mensukseskan even Cap Go Meh artinya mereka telah ikut serta mendukung program Pemerintah Kota Pontianak untuk menuju smart city dan menyapa dunia. “Semoga dengan dukungan dari semua unsur masyarakat tahun ini akan lebih baik, lebih sukses dari tahun kemarin,” terangnya.

Panitia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat pengguna jalan atas kemacetan lalu lintas yang akan terjadi selama arakan naga dan barongsai berlangsung pada 22 Februari. Dia juga mengimbau kepada semua penonton yang akan menyaksikan acara tersebut agar tidak memasuki area pemain naga, sehingga jadwalnya bisa benar-benar tepat waktu sampai selesai.

Kepala Pos Polisi Liong Kapuas 2016 dari Polresta Pontianak Ipda Pansang menjelaskan untuk pengamanan selama Imlek dan Cap Go Meh 2016, personil yang diturunkan ada sebanyak 187 orang.

Jumlah tersebut terbagi untuk seluruh kegiatan. Mulai dari pembukaan pekan promosi, kuliner dan seni budaya ada 25 personil, ritual buka mata naga 43 personil, pawai budaya siang dan malam 93 personil dan naga tutup mata 34 personil. “Mulai dari penyebaran lokasi dan cara bertindak sudah ditentukan,” ujarnya.(bar)

Agenda Festival Cap Go Meh 2567

- Pekan promosi, kuliner dan seni budaya

- Festival Barongsai

- Festival Koko Meme

- Ritual buka mata naga

- Arak-arakan naga, barongsai dan pawai Perwati

- Ritual pembakaran naga, Selasa (23/2), Pemakaman YBS

 

Rute Arak Naga & Barongsai

* Siang pukul 14.00-17.30

- PSP (start)-Jalan Pattimura-Jalan Gajah Mada-Jalan Tanjungpura dan Jalan Agus Salim (finish)

* Malam pukul 19.00-selesai

- Sepanjang Jalan Gajah Mada

 

 

Berita Terkait