Ingin Lebih Serius Menjaga Kesehatan

Ingin Lebih Serius Menjaga Kesehatan

  Minggu, 28 February 2016 08:45
HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Sehat, bagi Indra Gunawan adalah bagian penting dalam menjalani hidupnya. Dia ingin lebih serius lagi menjaga kesehatan. Salah satunya mengontrol pola makan dan olahraga yang rutin. Namun, karena rutinitasnya yang sibuk, membuatnya kurang memiliki waktu untuk terus mengkonsumsi makanan yang sehat dan melakukan berolahraga yang rutin.

Aristono, Pontianak

KESIBUKANNYA membuat Indra Gunawan tidak seperti dia diusia mudanya. “Dulu tidak terlalu sibuk, saya masih sempat untuk melakukan olahraga dan menjaga pola makan, tapi sekarang saya juga berusaha untuk menjaga kesehatan,” katanya.

Indra adalah salah seorang pemenang General Medical Check up (GMC), program yang diselenggarakan oleh Pontianak Post dan bekerjasama dengan Rumah Sakit Kharitas Bhakti Pontianak.

Saat mengikuti GMC, seluruh tahapan pemeriksaan diikuti Indra secara kooperatif. Mulai pengambilan sampel darah, urine, dan pemeriksaan jantung. Setelah  mengikuti pemeriksaan tersebut, ia pulang ke rumah. Beberapa jam setelahnya, dia kembali untuk mengambil hasilnya, sekaligus juga untuk berkonsultasi kesehatan kepada dokter.

Hasil rekam medik, tubuh Indra terlihat cukup baik. Hasil pemeriksaannya masih dalam tahap normal, kendati dokter menyarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan berolahraga.

Selain takut asam uratnya tinggi, dia juga khawatir kolesterolnya juga tinggi. Namun, dari hasil rekammedik, kolesterolnya normal, hanya ada tanda-tanda peningkatan saja. “Masih normal, cuma sudah ada tanda-tanda akan naik,” kata dokter yang menanganinya.

Karena kesibukannya juga, dia juga sudah jarang melakukan olahraga, hanya terkadang satu kali dalam sepekan. Mendengar cerita dari Indra dan melihat hasil rekam medik, dokter menyarankan dia untuk lebih serius lagi menjaga kesehatan. Dokter itu juga sangat menyarankan untuk mengurangi makanan gorengan dan meluangkan waktu untuk olahraga.

“Kurangi makanan yang berlemak dan gorengan, tambah makanan yang direbus dan sayuran. Dan jangan lupa olahraga, Terserah, mau pagi, siang atau sore, baik itu lari atau jalan. Tidak perlu lama, yang penting rutin, minimal 30 menit setiap harinya.,” saran dokter itu. Oleh karena itu, ke depan, dia ingin lebih serius lagi menjaga kesehatan. Salah satunya ingin menjaga pola makan dan menjalani olahraga rutin. “Setelah mendengar saran dokter tadi, saya akan mengurangi pola makan yang tidak sehat dan akan melakukan olahraga yang rutin,” jelasnya usai berkonsultasi.

Dia juga sangat berterima kasih kepada Pontianak Post dan Kharitas Bhakti Medical Checkup yang memiliki program GMC untuk pelanggannya. “Terima kasih banyak kepada Pontianak Post dan Rumah Sakit Kharitas Bhakti, dengan demikian, saya bisa memeriksa seluruhnya, dan hasilnya cukup baik,” pungkas Indra. (*)

Berita Terkait