Inggris 1-2 Islandia: Modal Besar Hadapi Prancis

Inggris 1-2 Islandia: Modal Besar Hadapi Prancis

  Selasa, 28 June 2016 04:01
FOTO; EURO

Berita Terkait

KEJUTAN akhirnya terjadi pada babak 16-besar Euro 2016. Inggris dipastikan harus pulang karena takluk dari tim debutan Islandia 1-2, Selasa (28/6) dini hari di Allianz Riviera, Nice.

Memang sepanjang 16-besar, tak ada tim kuda hitam yang mampu membasmi tim unggulan hingga Islandia yang berstatus debutan bahkan tak dipertimbangkan lolos fase grup-lah yang menjadi kejutan di ajang ini.

Islandia dipastikan akan menghadapi tuan rumah Prancis pada babak perempat final. Pada laga melawan Inggris, Islandia memperlihatkan filosofi pragmatis yang mendekati sempurna.

Serangan-serangan mereka sangat efektif, pun punya sistem pertahanan yang spesial. Inggris menguasai penguasaan bola 77 persen berbanding 23 persen, tapi Islandia tahu cara menghentikan mereka.

Laga terbilang panas sejak awal. Kedua tim langsung memperlihatkan permainan terbuka.

Benar saja, baru berjalan tiga menit, umpan indah Daniel Sturridge ke Raheem Sterling yang kosong memaksa sang pemain diganjal oleh kiper Hannes Halldorsson.

Wasit tanpa ragu menunjuk titik putih. Wayne Rooney pun berhasil dengan dingin mengeksekusi penalti dan membawa Inggris unggul 1-0.

Gol ini menjadi spesial bagi Rooney karena adalah gol pertamanya di Euro 2016, pun pada laga ke-115 bersama Timnas Inggris, atau menyamai rekor terbanyak milik David Beckham.

Sayangnya, keunggulan tersebut hanya bertahan dua menit. Islandia memperlihatkan kualitasnya secara langsung.

Aron Gunnarsson membuat lemparan ke dalam jarak jauh yang disambut tandukan Kari Arnason, sehingga Ragnar Sigurdsson yang berdiri bebas langsung melakukan tendangan voli keras ke gawang Joe Hart. Kedudukan menjadi 1-1.

Sepanjang laga, tempo pertandingan sangat cepat dan peluang demi peluang terjadi. Inggris terlihat lebih sering membuat peluang.

Mulai dari tembakan Dele Alli hingga Sturridge. Namun, Islandia yang berhasil membalikkan kedudukan pada menit ke-18.

Adalah striker Kolbeinn Sigthorsson yang berhasil mencetak gol. Tembakan akurat sang pemain tak bisa ditahan dengan sempurna oleh Hart dan masuk kembali ke gawang Inggris.

Sigthorsson. membutuhkan 263 menit untuk membuat tembakan ke gawang pada Euro 2016, tapi langsung berbuah gol tersebut.

Peluang demi peluang dibuat Inggris. Tapi, belum juga mampu menembus gawang Islandia. 

Islandia sendiri tampil disiplin dan benar-benar memanfaatkan momentum serta efektivitas mereka. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Islandia 2-1.

Pada babak kedua, Inggris terlihat jauh lebih menguasai pertandingan, walau kesempatan yang mereka buat tak sebanyak di babak pertama.

Malahan, kembali Islandia yang mendapat peluang emas pada menit ke-52. Sigurdsson nyaris membuat brace lewat tendangan salto indah, tapi kali ini Hart bisa menyelamatkan dengan baik.

Inggris mulai terlihat kehabisan akal untuk menembus lini belakang Islandia. Kesempatan-kesempatan yang mereka buat hampir semuanya sia-sia, sebagian besar bahkan terjadi karena tembakan tak akurat para pemainnya.

Pada menit ke-78, Kane mendapat peluang lewat tandukannya. Sayang, masih terlalu lemah dan bisa diamankan.

Gunnarsson nyaris membuat Islandia mematikan laga pada menit ke-83. Sayang, tembakan kerasnya masih bisa ditahan oleh Hart. Laga pun bertahan dengan skor 2-1 hingga akhir laga.

Susunan Pemain

Inggris (4-3-3): Hart; Rose, Smalling, Cahill, Walker; Rooney (Rashford 86'), Dier (Wilshere 46'), Alli; Sterling (Vardy 59'), Kane, Sturridge

Islandia (4-4-2): Halldórsson; Sævarsson, Árnason, Sigurdsson, Skúlason; Gudmundsson, Gylfi, Gunnarsson, Bjarnason; Sigthórsson (Bjarnasson 77'), Bödvarsson (Traustason 88')

(rap/JPG)

 

 

 

 

Berita Terkait