Ingat! Jangat Terjebat Perang Informasi

Ingat! Jangat Terjebat Perang Informasi

  Kamis, 21 September 2017 16:05

Berita Terkait

KAPOLDA Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs.Erwin Triwanto berpesan agar personel kepolisian memahami benar di era tekhnologi informasi massa kini. Sebab, permasalahan yang dihadapi Polri adalah perang informasi.  Karena, informasi itulah dapat membentuk opini dan persepsi. 

“Persepsi itu sendiri dapat membentuk reputasi seseorang maupun institusi, untuk itu di media sosial harus berperilaku yang baik dan santun. Jangan mudah mengunggah foto maupun tulisan yang akan berdampak merugikan diri sendiri, institusi maupun masyarakat,” ujar Erwin, Kamis (21/9).

Kapolda berharap kehati-hatian mempergunakan sosial media (sosmed) harus bijak menggunakannya. “Cerdas memilah dan memilih setiap informasi di sosmed, serta sesegera mungkin mengelola trending topic terkait isu-isu terkini, untuk itu bangun dan pelihara terus jaringan informasi dengan warga di dunia maya, setiap anggota harus mampu menangkap perkembangan informasi pembincangan maya, apabila menemukan informasi yang tidak benar segera luruskan," tegasnya.

Erwin Triwanto menyampaikan, bahwa budaya lama membunyikan lonceng di Mako Polri maupun di lingkungan masyarakat sebagai tanda bahwa setiap saat anggota siap siaga.  Tantangan tugas kedepan akan semakin cukup meningkat. “Soliditas internal dan profesionalisme anggota Polri sepatutnya semakin diperkuat. Kalau di internal sudah cukup solid, tantangan tugas seberat apapun dapat bisa kita hadapi  dengan cara efektif," kata Erwin Triwanto.(arf)

Berita Terkait