Imunisasi. Maksimalkan Penyuluhan

Imunisasi. Maksimalkan Penyuluhan

  Sabtu, 13 February 2016 10:03
Gambar dari Internet

Berita Terkait

MENYUKSESKAN Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang akan berlangsung pada tanggal 8-15 Maret 2016 mendatang, Puskesmas Sungai Pinyuh memaksimalkan penyebaran informasi di masyarakat. Secara terjadwal, petugas turun kelapangan memberikan penyuluhan dan sosialisasi diwilayah kerjanya.

“Persiapannya dengan melaksanakan sosialisasi dilingkungan masyarakat. Beberapa desa seperti Sungai Rasau sudah dilaksanakan. Selanjutnya, kami juga akan turun ke desa-desa dan kelurahan yang ada di wilayah Sungai Pinyuh,” terang Petugas Imunisasi Puskesmas Sungai Pinyuh, Dosmari, Jumat (12/2) diruang kerjanya.Dia mengungkapkan realisasi program imunisasi di Kecamatan Sungai Pinyuh dinilai cukup berhasil. Terbukti, ada lima desa yang mencapai standar Universal Child Immunization (UCI). Yakni tercapainya imunisasi dasar secara lengkap pada bayi, ibu hamil, wanita usia subur dan anak sekolah tingkat dasar.

“Hanya Kelurahan Sungai Pinyuh saja yang belum mencapai standar UCI. Makanya kita upayakan agar seluruh wilayah di Kecamatan Sungai Pinyuh bisa mencapai UCI. Mengingat, imunisasi sendiri sangat penting bagi daya tumbuh dan perkembangan anak-anak yang kelak akan menjadi generasi penerus pembangunan daerah,” tuturnya.Sebab, timpal dia, imunisasi menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pertumbuhan tubuh anak. Imunisasi merupakan upaya untuk memberikan kekebalan bagi anak terhadap potensi ancaman penyakit.

“Tentunya kita ingin memiliki anak-anak yang sehat dan kuat serta bebas dari penyakit. Makanya, sangat penting sekali imunisasi. Supaya pertumbuhan anak-anak selalu dalam keadaan sehat dan bebas penyakit,” pendapatnya.Disinggung kendala imunisasi, Dosmari menyebut beberapa faktor teknis. Yakni rendahnya tingkat kesadaran masyarakat khususnya kaum ibu untuk lebih tertib dan disiplin dalam mengikuti progam imunisasi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Makanya dalam hal penyebaran informasi ini, kami melibatkan masyarakat hingga kader-kader Posyandu. Kita berikan pemahaman dan penjelasan konkrit seputar imunisasi. Supaya, tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya imunisasi semakin tinggi. Pada pekan imunisasi nanti, kami akan melakukan sweeping,” ucapnya.Untuk  itu, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Sungai Pinyuh khususnya para ibu agar berpartisipasi aktif mensukseskan program imunisasi yang nantinya akan dilaksanakan dalam bentuk pekan imunisasi pada pertengahan Maret mendatang.“Mari sukseskan pekan imunisasi nasional di Kecamatan Sungai Pinyuh. Para ibu yang memiliki anak usia 0-9 bulan, hendaknya dapat membawa anaknya ke Puskesmas Sungai Pinyuh untuk mengikuti imunisasi,” serunya mengakhiri.(wah)

 

Berita Terkait