Imlek dan Cap Go Meh, Singkawang Bersolek

Imlek dan Cap Go Meh, Singkawang Bersolek

  Sabtu, 28 January 2017 08:21

Berita Terkait

SINGKAWANG-Kemeriahan Imlek begitu terasa di kota berjuluk seribu kelenteng ini. Tak cuma rumah ibadah, jalan-jalan di kota Singkawang pun dihiasai lampion serta pernak-pernik imlek lainnya. Malam tadi, beberapa kembang api pun mencuat dari rumah warga yang merayakannya kedatangan tahun Ayam Api ini.

Di pusat kota misalnya. Berdiri indah pohon Mei Hwa yang berjejeran dengan lampion. Begitu juga setiap jembatan dipasang ratusan hiasan lampion yang didominasi warna merah menyala.

Walikota Awang Ishak mempersilakan warga keturunan Tionghoa untuk menyemarakkan hari raya Imlek dan Cap Go Meh tahun 2017.

"Silakan rayakan, yang terpenting ciptakan rasa aman, nyaman, damai, dan toleransi," ujarnya. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada panitia Cap Go Meh Singkawang untuk mengatur perayaan tersebut.

‎Warga Tionghoa juga diimbau untuk memasang lampion sebanyak-banyaknya. 

"Ayo kita hiasi Kota Singkawang dengan lampion sebanyak-banyaknya dalam rangka menyambut tahun baru Imlek," ajaknya. Untuk memeriahkan tahun baru Imlek selain menggelar Pawai Tatung, panitia Cap Go Meh Singkawang juga menggelar lomba hias rumah, lingkungan, dan mobil hias. Tak heran, menyemarakkan Imlek, setip rumah ibadah seperti klenteng maupun rumah pribadi banyak memasang lampion.

Salah satu tokoh warga Singkawang ‎Imlek tahun ini Chin Miauw Fuk yang juha mantan Ketua Festival CGM tahun 2008, tahun ini masuk tahun Ayam Api, pertanda orang akan lebih giat untuk arah hidup lebih baik.

"Lebih giat lagi usaha dan motivasi agar jadi lebih baik dari tahun sebelumnya," katanya.

Begitu juga Ronald, warga tinggal di komplek‎ pusat pasar Singkawang mengatakan harapannya tahun ini semakin lebih baik. "Kita mau Singkawang aman tanpa gangguang sehingga giat dalam usaha," jelasnya.

Sementara itu Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Singkawang Wijaya Kurniawan mengatakan berterima kasih atas partisipasi warga memeriahkan Imlek dengan pemasangan lampion.

"Tentu saja banyak harapan Imlek tahun ini, kita ingin aman, kondusif agar semua rencana kehidupan kita berjalan lebih baik," katanya.

Rencana kehidupan itu, kata dia, seperti usaha bisnis, hubungan antar warga, antar umat beragama dan hubungan warga dengan pemerintah semakin lebih baik. "Tentunya ini bisa kita lakukan jika kompak dan bersama sama menciptakan suasana kondusif di Singkawang," jelasnya. (har)

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait