Imlek dan Cap Go Meh Hotel Full Booked

Imlek dan Cap Go Meh Hotel Full Booked

  Jumat, 9 February 2018 10:00

Berita Terkait

 

SINGKAWANG--Jelang perayaan Imlek dan Festival Cap Go Meh (CGM) tahun 2018, hampir semua kamar hotel yang ada di Kota Singkawang sudah dipesan para tamu dari luar Kota Singkawang.

"Dari seribuan lebih kamar hotel, sekitar 700 kamar sudah dipesan oleh tamu dari luar Singkawang," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Singkawang, Mulyadi Qamal, Kamis (8/2) kemarin. 

Seperti sebuah tradisi,  tambah dia,  setiap tahunnya jelang perayaan CGM semua kamar hotel yang ada di Kota Singkawang bakal penuh. 

"Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, semua kamar full boking jelang hari Cap Go Meh," katanya. Bahkan, kamar hotel yang ada di Kota Singkawang pun biasanya tidak lagi mampu untuk menampung para tamu yang datang, sehingga disiapkanlah Homestay (penginapan sementara) untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.

"PHRI bersama Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pariwisata mengimbau kepada masyarakat untuk bersedia menyiapkan homestay guna menampung tamu-tamu kita dari luar Singkawang," pintanya.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan PHRI dan Dinas Pariwisata Singkawang sudah ada 20 Homestay yang tersedia. 

"Cuma terkait dengan jumlah yang terdata ini akan kita lihat langsung ke tempatnya apakah layak atau tidak untuk dihuni para tamu nanti," ungkapnya.

Disamping itu, dia juga mengingatkan kepada semua pengelola hotel untuk tidak menaikkan tarif kamar semaunya jelang Cap Go Meh.

"Kita setiap tahun menjelang Cap Go Meh selalu mengingatkan agar kenaikan tarif kamar itu disesuaikan dengan fasilitas yang disiapkan," pesannya.

Kemudian, kenaikan itu hendaknya diberlakukan secara wajar yakni berkisar antara 50-100 persen.

Ikuti Festival Barongsai

Sementara itu dipastikan kalau Kabupaten Sambas bakal mengirim tim barongsai untuk mengikuti Festival Barongsai dalam Rangka Imlek dan Cap Go Meh 2569 Tingkat Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Singkawang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPD Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sambas, Tjong Tji Hok SPD M PD alias Bruno. Dimana dalam festival tersebut, Sambas mengirim utusan untuk ikuti kegiatan yang dilaksanakan 21 Februari mendatang.

“Tahun ini, kami membantu tim barongsai dari Sambas yakni barongsainya, untuk bisa ikuti festival barongsai di Singkawang,” kata Tjong Tji Hok SPD M PD alias Bruno, Rabu (7/2). Diharapkan nantinya, penampilan peserta barongsai,bisa memberikan hiburan kepada masyarakat. Terlebih kegiatan tersebut dalam rangka Imlek dan Cap Go Meh.(har/fah)

Berita Terkait