IMLEK , Bebas Kunjungi Vihara

IMLEK , Bebas Kunjungi Vihara

  Rabu, 10 February 2016 10:09
KUNJUNGI VIHARA: Selain melakukan ritual sembahyang dalam menyambut tahun baru imlek, tampak masyarakat sekitar turut mengunjungi Vihara Vajra Kertayuga untuk berselfi dan menikamti suasana malam Imlek. foto Ashri Isnaini/pontianak post

Berita Terkait

SAMA seperti vihara lainnya, menyambut datangnya tahun baru imlek tahun 2016 Vihara Vajra Bumi Kertayuda juga banyak dikunjungi warga Tionghoa. Selain melakukan ritual sembahyang, banyak diantara pengunjung mengaku sekedar ingin menikmati suasana malam imlek sembari berselfi dihalaman vihara yang dipenuhi dengan berbagai hiasan seperti lampion dan bunga mei hua

Waktu menunjukkan pukul 20.00 WIB saat Pontianak Post menyambangi Vihara Vajra Bumi Kertayuga, Minggu malam (7/2) tampak cukup banyak warga Tionghoa yang sibuk melakukan ritual atau sembahyang menyambut datangnya tahun baru imlek. Tidak hanya warga Kubu Raya sebagian umat vihara tersebut juga ada yang berasal dari Kota Pontianak dan sekitarnya.

Pandita Vihara Vjra Bumi Kertayuga, Hendra menyatakan setiap tahunnya pihaknya melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut datangnya tahun baru imlek. Rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti menggelar bakti sosial dengan menyantuni umat vihara dan melakukan pasar murah  yang dipusatkan di vihara yang terletak di Jalan Arteri Supadio nomr 108 Kubu Raya.

“Dalam pasar murah itu kami menjual aneka barang diperlukan saat imlek termasuk aksesoris imlek. Intinya kami ingin membantu umat kami melalui kegiatan bhakti sosial dan pasar murah tersebut,” kata Hendra.

Hendra berharap memasuki tahun baru imlek kali ini, semua  umat tionghoa termasuk masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya dan Kalbar umumnya kedepan bisa terus meningkatkan jalinan silaturahmi sehingga bisa selalu menciptakan hubungan yang harmonis dan menciptakan lingkungan yang selalu aman dan kondusif. “Semoga ditahun baru ini kita semua bisa lebih sukses dalam berbagai bidang dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Tidak hanya sibuk melakukana aktivitas ritual sembahyang, di halaman vihara tampak banyak pengunjung yang berasal dari kalangan masyarakat sekitar melakukan selfi bersama teman dan kerabat terdekat.Misalnya saja Winda, warga Medan  yang mengaku sengaja menyempatkan diri berkunjung ke Vihara  Vajra Kertayuga hanya untuk menyaksikan kemeriahan malam imlek di Kubu Raya.

“Kebetulan suami kerja di Kalbar, dan saya dengar katanya malam imlek di Kota Pontianak dan sekitarnya cukup meriah setelah keliling-keliling lalu saya dan suami menyempatkan diri untuk datang kesini dan memang lumayan asik dan meriah suasananya. Makanya tadi sempat berselfi juga bersama suami,” katanya.Tidak hanya bagi masyarakat Tionghoa, dengan semaraknnya persiapan dan perayaan imlek tersebut dinilai Windah bisa menjadi salah satu wadah rekreasi bagi masyarakat sekitar. “Sekalian jugakan kita bisa ketemuan dan silaturahmi dengan warga tionghoa jadi bisa lebih saling mengenal dan memahami masing-masing budaya,” katanya.

Sementara itu salah satu umat Vihara Vajra Kertayuga, Imel mengakui kemeriahan dan menariknya persiapan perayaan imlek di vihara tersebut. Tidak hanya dihiasi dengan lampion, hadirnya bunga mei hua dan sejumlah ornament khas perayaan imlek semakin memperindah suasana disekitar vihara.“Saya berharap memasuki tahun baru imlek ini semua umat Tionghoa dan masyarakat Kalbar umumnya hidupnya bisa lebih makmur dan sejahtera dan setiap warga bisa terus meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan yang lebih baik kedepannya,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait