Imlek 2567 Dinilai Lebih Sepi

Imlek 2567 Dinilai Lebih Sepi

  Selasa, 9 February 2016 09:44
SEPI : Satu-satunya kelenteng di kota Putussibau terlihat sepi. MUSTA’AN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Perayaan Imlek 2567 tahun 2016 di Kabupaten Kapuas Hulu terlihat sangat sepi. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya digelar berbagai kegiatan, antaranya naga diarak keliling kota Putussibau. Demikian juga dengan klenteng/pekong disudut kota Putussibau yang biasanya ramai pengunjung di tahun ini terlihat sepi, bahkan pada hari pembersihan kelenteng hanya terlihat beberapa orang saja. 

Tak adanya arak-arakan naga keliling kota Putussibau dibenarkan Ketua Yayasan Bhakti Suci Kapuas Hulu, Budi Cin. "Tahun ini tidak adakan naga, anak-anak muda hanya memainkan barongsai, Yayasan tetap mendukung," jelasnya singkat. Sementrara itu, kelompok anak muda tiong hua, Minggu (7/2) sudah mulai menyiapkan dua barongsainya untuk dimaikan dikawasan Putussibau Utara dan Selatan.

Rencananya kedua barongsai tersebut akan diturunkan pada hari kedua Imlek.“Tahun ini kami hanya mainkan dua pasang Barongsai saja yaitu Barongsai utara dan Barongsai selatan. Kami persiapkan 16 pemain, yang akan keliling kota Putussibau selama 4 hari," ungkap Koordinator Barongsai Markoni Atung.Permainan barongsai saat Imlek memiliki nilai mistik tersendiri yang dipercayai etnis tionghoa.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin SIK mengatakan, dirinya akan menurunkan 60 personil Polres Kapuas Hulu. “Ada 60  personil siap mengamankan perayaan Imlek di Kota Putussibau,” ungkapnya pada wartawan kemarin. Dalam pengamanan tersebut, pihaknya tidak mendirikan pos pengamanan seperti hari lebaran dan Natal. Tapi di imbangi dengan mobile atau patroli sesuai kondisi dilapangan.

Meskipun demikian, Kapolres menghimbau pada seluruh elemen masyarakat Kapuas Hulu agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan imlek berlangsung. Mengingat selama ini situasi Kapuas Hulu kondusif. “Saya minta semua pihak menjaga situasi Kamtibmas, terutama menghadapi perayaan Imlek 2567 di Kapuas Hulu terlebih lagi keamanan dan ketertiban berlalu lintas," harapnya.

Sementara itu, pantauan koran ini dilapangan, suasana perayaan imlek di Putussibau terlihat sangat sepi, jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.Sebagian besar warga tionghua memilih merayakan imlek di luar Kapuas Hulu, seperti Pontianak, Singkawang dan Jakarta.“Saya merayakan imlek di Jakarta, orangtua saya di Jakarta,” tutur Akok singkat, tokoh masyarakat tonghua Kapuas Hulu.(aan)

Berita Terkait