IKA SPP-SPMA Dukung SJS bersama Pontianak Post

IKA SPP-SPMA Dukung SJS bersama Pontianak Post

  Jumat, 11 March 2016 09:08
TERIMA KUNJUNGAN: Ketum IKA SPP-SPMA Radian (kanan) saat menerima kunjungan kepengurusan IKA SPP-SPMA. FOTO IST

Berita Terkait

KETUA Umum IKA SPP-SPMA Kalbar, Dr Ir Radian MS mengapresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Bupati Sanggau yang telah bekerjasama dalam mewujudkan kegiatan Senam dan Jalan sehat Sabang Merah Spektakuler ini.

Menurut dia, IKA SPP-SPMA Kalbar selama ini mempunyai berbagai kegiatan. Salah satunya yaitu dibidang sosial dan koperasi, sehingga kegiatan ini sangat relevan dengan visi dan misi dari organisasi IKA  SPP-SPMA itu sendiri. Apalgi dalam kegiatan ini melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan, baik dari pejabat, PNS, guru, dan petani yang akan berbaur. “Kegiatan SJS ini sangat positif,” ujarnya. 

Radian mengatakan, dalam kegiatan SJS ini Alumni IKA SPP-SPMA Kalbar akan memamerkan peroduk pertanian yang bersifat organik, agar kedepannya para petani bisa menghasilkan hasil yang  baik dan berkualitas. Selain memamerkan peroduk pertanian, IKA SPP-SPMA juga menyiapkan konsultan untuk para petani yang ingin berkonsultasi. Mengingat masyarakat di Kalbar masih ada beberapa petani yang masih membutuhkan penyuluhan tentang pertanian. Lebih lanjut Radian mengatakan, rencananya dikegiatan SJS ini alumni IKA SPP-SPMA akan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di Kabupaten Sanggau dengan menanam berbagai tanaman langka yang ada Di Kalbar. Sehingga Kabupaten Sanggau menjadi kabupaten yang mempunyai berbagai tanaman diseluruh Kalbar. “Mudah-mudahan dengan adannya stan yang menyediakan peroduk dan memberikan konsultasi dapat mempengaruhi hasil pertanian Kalbar, dan menambah silaturahmi alumni IKA SPP-SPMA dengan msyarakat,” harapnya.

Menurut Radian, sebaiknya Pontianak Post yang merupakan media pertama dan terutama di Kalbar diharapkan dapat memberikan informasi tentang pertanian, bahkan kalau bisa dibuat rubrik khusus tentang pertanian, baik itu satu minggu sekali maupun satu bulan sekali terbitnya. Karena menurutnya, selama ini petani sangat kekurangan informasi yang akurat, terutama masalah perkembangan harga.

Radian yang juga sebagai dekan Fakultas Pertanian Untan ini juga menyinggung hasil pertanian di Kalbar. Terutama hasil yang kurang memuaskan terhadap panen padi yang ada di Kalbar. Sehingga ia menyarankan agar pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten harus saling bersinergi dan memberikan subsidi untuk mensejahterakan para petani di Kalbar.

Sementara itu Ketua Koperasi IKA SPP-SPMA (koprikas), Mahyushan mengatakan, kegiatan SJS ini sangat positif, terutama untuk alumni. Karena dengan kegiatan ini menunjukan bahwa IKA SPP-SPMA ini ada dan terus eksis. Bahkan koperasi yang diketuainya saat ini berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari mekanisme yang telah disepakati. Yaitu, setiap anggota diwajibkan mempunyai tabungan pokok Rp500 ribu, dan Rp20 ribu untuk tabungan wajib setiap bulannya. Dan setiap anggota diperbolehkan untuk melakukan transaksi simpan pinjam selama untuk kepentingan pertanian. “Koperasi ini salah satu aspek pengembangan dari IKA SPP-SPMA itu tersendiri,” ungkapnya.(pms/ser)

Berita Terkait