HUT ke-6 OJK, Fokuskan Konsolidasi Eksternal

HUT ke-6 OJK, Fokuskan Konsolidasi Eksternal

  Kamis, 23 November 2017 10:00

Berita Terkait

Bangun Kerjasama dengan PT

PONTIANAK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merayakan ulang tahunnya yang ke-6, Rabu (22/11). Begitupun dengan Kantor Perwakilan OJK Kalbar yang mengadakan acara potong tumpeng di kantornya yang berlokasi di Jalan Ayani, Pontianak. Momen ini menjadi motivasi bagi OJK Kalbar untuk berkontribusi dalam pengawasan di sektor jasa keuangan, sesuai dengan tema ulang tahun ke-6, kredibel dan berperan nyata.

“Di usia yang ke-6, kami ingin tetap menjaga integritas sebagai pengawas, yang memberikan perlindungan kepada konsumen, serta berperan nyata dan sekedar wacana,” ungkap Kepala OJK Kalbar, Moch Riezky F Purnomo, Rabu (22/11).

OJK Kalbar, kata dia, sebelumnya cenderung melakukan konsolidasi internal, mengingat usianya masih cukup muda. OJK disibukka dengan pembentukan sistem organisasi, standar operasi, perangkat kerja, serta pengadaan sarana dan prasarana seperti gedung misalnya.

Riezky mengatakan saat ini pihaknya berencana menggencarkan konsolidasi secara eksternal, dengan berbagai unsur terkait. Upaya-upaya menjalin kerjasama dengan lembaga atau instansi diluar terus dilakukan, mulai dari industri jasa keuangan, hingga kalangan perguruan tinggi. Beberapa yang telah dilakukan diantaranya dengan mendorong didirikannya galeri investasi, melaksanakan program OJK mengajar, serta upaya-upaya dalam mendukung naiknya angka inklusi dan literasi keuangan.

“Begitupun dengan instansi vertical, seperti TPKAD (Tim Percepatan Akses Keuangan di Daerah) juga telah kami lakukan kerjasama. Hanya tinggal kita buat program nyatanya,” katanya.

Selain itu, kerjasama dengan perguruan tinggi, seperti pendirian galeri investasi, serta kerjasama penyiapan SDM yang siap bekerja di OJK. Perekrutan tenaga kerja dari perguruan tinggi, menurutnya sangat penting mengingat SDM di OJK Kalbar juga masih kurang. Jika perguruan tinggi di Kalbar bisa mencetak SDM yang mampu bekerja di OJK Kalbar, akan lebih memudahkan perkrutan tenaga kerja OJK Kalbar.

“Memang perekrutan dilakukan di pusat, tapi kalau ada kerjasama, karyawan bisa direkrut secara khusus, setidaknya ada satu atau dua orang lagi. Perekrutan karyawan asal Kalbar lebih menguntungkan karena mereka lebih menguasai medan,” tuturnya.

Sejauh ini, dikatakan dia, kerjasama seperti ini sudah dilakukan, salah satunya dengan Universitas Tanjungpura. 

Selain itu, pihaknya juga ingin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam hal penelitian terkait perbankan. Hal ini perlu mengingat penelitian terkait perbankan masih cukup minim. Dengan adanya penelitian ini, pihaknya bisa membuat program atau arahan yang sesuai dengan kebutuhan di daerah. “Kerjasama dalam hal penelitian, misalnya terkait kondisi akses perbankan di daerah.

Sejauh ini, lanjutnya, program ini masih sebatas perbincangan dengan pihak perguruan tinggi. Pihaknya manrgetkan tahun depan sudah mulai membangun kerjasama, setidaknya pembuatan MOU.

Acara HUT ke-6 OJK di Kalbar dihadiri oleh perbankan, perusahaan asuransi, IDX, multifinance, Jamkrindo, Perbanas, serta Bank Indonesia Acara tumpengan. Dihadiri teman2 dari perbankan, asuransi, IDX, multifinance, jamkrindo, perbanas dan Bank Indonesia. (sti)

Berita Terkait