Hotel Ibis Beroperasi Tahun Depan

Hotel Ibis Beroperasi Tahun Depan

  Jumat, 17 November 2017 10:00
HUT KE-50 : Ulang Tahun ke-50 Accor digelar di Hotel Mercure, Kamis (16/11) mengundang beberapa lembaga mulai dari pemadam kebakaran, dinas kebersihan, guru, kepolisian, hingga rumah sakit. SITI SULBIYAH/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Ulang Tahun Accor ke-50

PONTIANAK - Manajemen Hotel Mercure menggelar Ulang Tahun ke-50 Accor di Hotel Mercure, Kamis (16/11). Di usia emasnya kali ini, Accor yang merupakan perusahaan perhotelan asal Prancis itu mengangkat tema Welcome Heroes.

Suhendra, selaku Perwakilan Managemen Hotel Mercure mengatakan bahwa sejauh ini Hotel Mercure yang merupakan hotel di bawah grup Accor ini ingin selalu memperkuat hubungan yang harmonis dengan banyak instansi. Di samping itu, pihaknya juga berharap agar program-program Hotel Mercure dapat bersinergi dengan lingkungan sekitar.

“Program Accor selama ini tidak hanya berorientasi pada bisnis, tapi juga pada lingkungan. Kami pernah buat gerakan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sehat, baik dari sisi Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), serta pemanfaatan barang-barang bekas untuk didaur ulang,” ungkapnya.

Tempat berdirinya perusahaan milik Accor, kata dia, berusaha untuk mendekatkan diri serta menciptakan hubungan yang persuasif dengan masyarakat sekitar, salah satunya dengan membuka kerja sama dengan supir taksi dalam hal penyediaan transportasi. Selain itu, pihkanya juga memberdayakan pedagang kue untuk memasok kue di hotel berbintang empat ini. “Kami ingin memanfaatkan serta memberdayakan lapangan pekerjaan yang ada saat ini,” katanya.

Meski demikian, dalam hal bermitra dengan sejumlah pelaku usaha ini, pihaknya juga memperhatikan sisi profesionalitas dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang diberikan oleh hotel.

“Seperti pemasok kue, kami akan cek lokasi pembuatannya untuk memastikan  higienitasnya, serta memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan sudah mendapatkan izin dari BPOM,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suhendra juga menyebutkan bahwa tahun depan akan dibuka hotel baru di bawah Grup Accor, yakni Hotel Ibis. Hotel yang saat ini tengah dibangun di sebelah Museum Kalimantan Barat itu, ditargetkan akan rampung selambat-lambatnya akhir tahun depan. “Di Pontianak tahun depan di akan dibangun Hotel Ibis yang merupakan hotel dibawah Grup Accor. Mudah-mudahan bisa dibuka pertengahan atau ujung tahun depan,” katanya.

Hotel yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan tersebut merupakan hotel berbintang tiga, dengan jumlah kamar sebanyak 178. Meski berbeda dengan Hotel Mercure yang berbintang empat, namun Ia memastikan tidak ada perbedaan pangsa pasar.

Dibangunnya hotel ini, kata dia, menjawab tantangan ke depan yang mana diprediksi jumlah wisatawan semakin tahun semakin meningkat. Guna mendukung hal ini, maka ketersediaan hunian berupa hotel sangat dibutuhkan. “Di Indonesia sendiri pertumbuhan hotel sangat pesat, baik hotel resort, maupun hotel bisnis di pertengahan kota,” katanya.

Di Kota Pontianak sendiri, lanjutnya, diprediksi juga akan terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Apalagi kota ini beberapa kali dipercaya menangani even bertaraf internasional. “Beberapa kali ada even nasional atau internasional, kami bahkan kekurangan kamar,” sebutnya.

Sehingga, tambahnya, prospek perhotelan di Kota Pontianak sangat menjanjikan, baik dari sisi bisnis, maupun pertumbuhan ekonominya yang dilihat dari pendapatan perkapita yang terus mengalami kenaikan. Selain itu, bertambahnya jumlah hotel akan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga mengurangi jumlah pengangguran. “Ratusan tenaga kerja pasti akan terserap ketika hotel ini sudah beroperasi,” tutupnya. (sti)

Berita Terkait