Hongkong Tertarik Garap Mempawah

Hongkong Tertarik Garap Mempawah

  Rabu, 31 Agustus 2016 09:33
MAKET: Petinggi Jin Xin Group melihat maket Balai Diklat Perhubungan Darat di Desa Antibar.

Berita Terkait

MEMPAWAH– Perusahaan raksasa asal Hongkong, Jin Xin Group berencana melakukan ekspansi di Kabupaten Mempawah. Ketertarikan perusahaan yang mempunyai jaringan bisnis utama di kawasan Tiongkok, Eropa, Amerika Utara-Selatan, Asia, dan Timur Tengah itu disampaikan langsung pemilik perusahaan, Mr. Li Kam Chung, saat bertandang ke Kantor Bupati Mempawah, Senin (29/8). Kedatangan investor asing itu diterima Wakil Bupati, Gusti Ramlana.

 
Membawa sejumlah petinggi perusahaan, Li Kam Cung yang membawahkan sembilan anak perusahaan besar di berbagai sektor itu mendapat pemaparan dari Wakil Bupati Gusti Ramlana yang didampingi Sekda, Mochrizal dan sejumlah pejabat SKPD Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Ramlana mengungkapkan profil wilayah dan sejumlah program pembangunan yang berlangsung di Kabupaten Mempawah. Selain isu utama terkait pembangunan pelabuhan laut dalam internasional di Kecamatan Sungai Kunyit, ia juga menuturkan berbagai rencana pembangunan lain yang mengikuti pembangunan pelabuhan tersebut.

Pemaparan selama sekitar satu jam itu ternyata menarik minat Li Kam Chung. Pengusaha sukses yang berdarah Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah ini mengaku akan memprioritaskan Mempawah sebagai lokasi ekspansi bisnis perusahaannya.

 “Kami sangat terkesan dengan paparan dari Wakil Bupati Mempawah. apa yang disampaikan adalah program-program yang sangat bagus. Terutama pelabuhan, ini sangat penting. Pembangunan pelabuhan akan memberi dampak pada pembangunan-pembangunan yang lain, misalnya kereta api, jalan tol, dan perkembangan perekonomian secara umum. Kami akan membawa pemerintah kami ke sini dan menjadikan Mempawah sebagai orientasi ekspansi usaha kami,” tuturnya dalam bahasa Mandarin yang diterjemahkan oleh penerjemah.

Wakil Bupati Gusti Ramlana mengaku sangat bangga dikunjungi Chairman Jin XIn Group, Li Kam Chung. Ramlana menyebut Li sebagai keluarga. Sebagai pengusaha internasional kelahiran Sungai Pinyuh, ia berharap Li Kam Chung dapat bersama-sama Pemerintah Kabupaten Mempawah membangun daerah.

 “Kami anggap ini adalah kunjungan dari saudara kami. Mari sama-sama kita bangun kampung halaman kita ini. Jika memang dari Jin Xin menaruh minat untuk berinvestasi di Mempawah, silakan mengikuti tata alur investasi yang berlaku di negara kita," tutur Ramlana.

"Penawaran kerja sama bisa disampaikan melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal, atau bisa juga langsung kepada Bapak Presiden. Yang penting cantumkan secara lengkap di daerah mana investasi itu akan dilakukan. Maka nanti pemerintah pusat pasti akan memanggil kami untuk proses selanjutnya,” saran Wabup mengakhiri.(wah)

Berita Terkait