Himman Gelar Management Chess Competition se-Kalbar

Himman Gelar Management Chess Competition se-Kalbar

  Sabtu, 21 Oktober 2017 10:00

Berita Terkait

HIMPUNAN Mahasiswa Manajemen (Himman) Universtas Panca Bakti Pontianak, untuk ketiga kalinya menggelar Management Chess Competition. Kompetisi tersebut menjadi salah satu rangkaian kegiatan Pekan Kreativitas Himpunan Mahasiswa Manajemen (Pentas Himman) 2017,  20-21 Oktober 2017.

Zulfahmi selaku ketua jurusan Manajemen UPB mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam ragka mencari bibit baru pecatur Kalbar sekaligus menjadi ajang untuk mengasah potensi pecatur yang ada saat ini. Sejauh ini menurutnya kompetisi catur yang ada di Kalbar masih sangat minim. “Sebenarnya banyak sekali pecatur-pecatur Kalbar potensial, hanya even yang kurang saja, sehingga kami berfikir bagaimana merealisasikan even bisa menyasar semua segmen,” ungkapnya.

Bahkan kata dia kompetisi yang digelar di Aula UPB ini juga diiukuti oleh pecatur yang selama ini sudah mengikuti kompetisi nasional hingga internasional. “Harapannya juga yang muda bisa saling belajar dengan yang senior,” katanya.

Selama dua kali peyelenggaraan dilakukan sebelumnya, kompetisi catur ini telah menghasilkan sejumlah pecatur Kalbar yang handal. “Banyak juga yang dari tingkat junior hingga senior mewakili kejurnas,” sebutnya.

Demi menjaga netralitas, kompetisi ini juga melibatkan Percasi yang mana mereka bertugas menjadi wasit, sehingga panitia tidak dapat melakukan intervensi terhadap wasit. Kompetisi ini diikuti lebih dari seratus peserta dari berbagai daerah di Kalbar. Ini menunjukkan antusias peserta tinggi. “Antusiasme peserta bagus, begitupun dengan mahasiswa yang merupakan panitia,” kata Dosen Pembimbing Himman, Dina Octaviani. Kegiatan ini, kata dia, juga bertujuan untuk melatih organisasi, mengasah kepemimpinan dan sportivitas mahasiswa.

Sementara itu salah satu peserta, Nessa mengpresiasi hadirnya kegiatan ini. “Saya senang adanya lomba ini, apalagi di Kalbar jarang sekali ada kompetisi catur,” pungkasnya.

Kompetisi ini dibagi menjadi lima kategori, yakni kategori usia di bawah 12 tahun laki-laki dan perempuan, usia di atas 12 tahun laki-laki dan perempuan, serta kategori umum. Mereka semua akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 serta piala bergilir rektor UPB. Total hadiah yang diperebutkan pun hingga jutaan rupiah. (sti)

Berita Terkait