HIK, Hidangan Istimewa Kampung Khas Kota Solo

HIK, Hidangan Istimewa Kampung Khas Kota Solo

  Senin, 24 Oktober 2016 09:05
Sumber : Benzano.com

Berita Terkait

Siapa yang tak ketagihan dengan Hik atau Wedangan, kuliner khas Kota Solo, The Spirit of Java ini? Rasanya mencapai langit ketujuh, sedangkan harganya membumi atau murah meriah. Sebuah kombinasi yang banyak dicari orang dan sulit tertandingi oleh kota manapun.

Hik atau wedangan, begitu orang Solo biasa menyebutnya. Dahulu identik dengan gerobak yang menjadi tempat jajanan dengan cahaya remang-remang lampu petromaks atau lampu sentir sebagai penerangan. Yang dijual adalah makanan ringan seperti jadah, wajik, tempe goreng, lentho, bakwan, aneka sate, dan minuman seperti teh, wedang jahe, wedang jeruk, jahe kopi, dan lainnya.

Seiring perjalanan waktu, konsep wedangan pinggir jalan dengan harga murah meriah ini, kini sudah berubah ujud menjadi kafe wedangan berkonsep modern. Wedangan kafe menyajikan menu wedangan yang lebih bervariasi dan dengan harga yang tentu saja lebih mahal dibandingkan wedangan konvensional. Bila Anda menjelajahi dan mencicipi kuliner khas di Kota Solo ini, bak menyelam di perairan pantai Bali, penuh sensasi yang tak ada habisnya dan membuat Anda ketagihan.

Inovasi Makanan dengan Cita Rasa Ttradisional

Dengan cara penyajian yang semakin inovatif, lauk-pauk yang ditawarkan di wedangan kafe dengan harga bervariasi sekitar Rp2.000,00 hingga Rp12.000,00 ini, sangat menarik dan bisa membuat Anda bingung saat memilih karena begitu banyak jenis dan variasinya.

Hidangan yang paling khas dan bisa ditemui di hampir semua wedangan adalah menu standar nasi kucing atau nasi bungkus dalam satu porsi kecil.  Ada banyak pilihan nasi kucing atau nasi bungkus ini. Dari nasi bandeng dan sambal, gudeg, nasi oseng lombok ijo, hingga nasi bogana. Untuk sekelas wedangan, nasi bogana ini cukup mewah, isinya yaitu suwiran daging, telur pindang, kentang kering, dan krecek.

Berbagai jenis sate juga tak boleh Anda lewatkan, seperti sate keong, sate otak-otak,  sate siomay, sate sosis, dan sate bakso yang berukuran besar, hingga sate ukuran standar seperti sate usus, sate kere, dan sate telur puyuh. Aneka gorengan dan cemilan khas angkringan pun menggugah selera. Terkadang ada beberapa jenis sajian yang harus dibakar terlebih dahulu agar hangat dan rasanya bisa lebih nikmat.

Wedangan ala kafe ini juga  lebih banyak menyediakan minuman tradisional. Dari wedang uwuh yang berisi aneka rempah, wedang jahe jeruk perpaduan  antara rasa asam segar dan pedas rempah, wedang dewa, wedang ronde, wedang tape, kunir asem, beras kencur, kopi jos,  jahe tape, teh tarik, dan lainnya.

Berubah Fungsi sebagai Tempat Hang Out

Seiring dengan berjalannya waktu, wedangan kafe pun berubah fungsi menjadi tempat hang out yang mengasyikan.

Sungguh terasa nikmatnya bila menyeruput wedang yang menghangatkan badan di malam hari, sembari mengobrol dengan santai bersama teman. Suasana relaks yang menenangkan, mampu menghilangkan rasa lelah dan tegang setelah seharian bekerja.

Pembeli wedangan kafe yang berasal dari berbagai kalangan, terkadang mendatangi wedangan kafe ini tidak hanya untuk menikmati makanan khas saja, namun juga mencari suasana lain untuk mengobrol dengan teman-teman, menikmati suasana kota di malam hari, ataupun sekadar hang out.

Demikianlah, wedangan kafe berkembang tidak hanya menjual makanan dan minuman khas kota Solo saja, namun  juga menghadirkan suasana nyaman diiringi alunan musik yang  menenangkan.

Nah, Anda tertarik untuk menikmati wisata kuliner khas kota Solo ini? Segera pesan penginapan atau hotel di sana untuk tempat istirahat Anda. Ada banyak pilihan  hotel murah di Kota Solo. Anda bisa booking hotel murah di kota Solo ini melalui Airy Rooms. Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah hotel terbanyak dibandingkan dengan jaringan hotel lain.

Kenapa harga hotelnya bisa sangat murah? Airy Rooms mampu menyediakan kamar hotel dengan harga murah karena Airy Rooms memiliki hubungan yang sangat baik dengan hotel-hotel partner.

Hotel di Airy Rooms ini memiliki 7 fasilitas memadai di setiap kamar yaitu AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur, shower air hangat, air minum dan WiFi gratis. Anda pun bisa memesannya dengan mudah melalui website maupun iOS Apps dan Android Apps Airy Rooms.

Pembayaran juga bisa Anda lakukan dengan transfer dan kartu kredit. Nah, selamat berwisata kuliner di kota Solo. ~

Berita Terkait