Hidupkan Kembali Car Free Day

Hidupkan Kembali Car Free Day

  Senin, 19 September 2016 09:30
TAK ADA LAGI: Pelang CFD yang biasanya dipasang di Jalan R Suprapto, kini sudah tidak ada lagi. Padahal warga begitu antusias dengan penyelenggaraan CFD tersebut.

KETAPANG – Car free day (CFD) yang biasanya dilaksanakan setiap Minggu pagi di Jalan R Suprapto, kini sudah tidak ada lagi. Masyarakat, khususnya yang ingin berolahraga di pagi hari, terlebih di hari libur, menginginkan hari tanpa kendaraan bermotor tersebut kembali diaktifkan di Ketapang.

"Setahun yang lalu (kegiatan) itu masih sangat aktif. Setiap Minggu pagi pasti ada car free day di Jalan R Suprapto. Sekarang jarang aktif lagi car free day, bahkan sudah tidak ada lagi," kata salah satu warga yang ditemui saat sedang berolahraga, Fabian (34), Minggu (18/9) pagi.

CFD, menurut dia, bukan hanya lokasi bagi masyarakat yang ingin berolahraga tanpa harus menggunakan kendaraan bermotor atau terganggu dengan adanya sepeda motor atau mobil. CFD, bagi dia, juga bisa dijadikan ajang untuk berkumpul bagi masyarakat dan berolahraga bersama, serta menggelar berbagai kegiatan dan hiburan.

"Sangat sayang sih kalau tidak ada lagi. Padahal itu sangat bermanfaat. Masyarakat bisa berkumpul dan berolahraga bersama. Ada juga kegiatan sosial saat car free day seperti donor darah, penggalangan dana, bersih-bersih, dan sebagainya. Intinya, banyak sekali manfaatnya," jelas pria yang mengaku rutin berolahraga pagi itu.

Kegiatan CFD sendiri sebelumnya dipusatkan di Jalan R Suprapto, karena lokasinya yang pas. Selain memiliki dua jalur, jalan tersebut juga dianggap sebagai jantung kota yang dapat menyita banyak perhatian masyarakat, sehingga ikut bersama-sama untuk berolahraga.

"Dulu jam 05.00 sampai jam 09.00 pagi, satu jalur sudah ditutup. Jadi, masyarakat bisa memanfaatkan jalan itu untuk senam, berjalan santai, berlari, bersepeda, sepatu roda, dan sebagainya. Jadi, masyarakat yang ingin berolahraga benar-benar diberikan ruang tanpa harus terganggu dengan mobil atau sepeda motor," ungkapnya.

Ia berharap agar CFD kembali diaktifkan di Jalan R Suprapto. Pihak terkait seperti Satuan Lalu Lintas Polres Ketapang dan Dinas Perhubungan Ketapang, menurut dia, bisa pengaktifan kembali CFD. "Masyarakat butuh ruang olahraga yang nyaman dan aman. Apalagi di Ketapang peminat car free day sudah cukup banyak. Tidak ada salahnya diaktifkan lagi," pintanya.

"Terlebih, car free day juga mengajarkan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor dan membiasakan diri bersepeda dan berjalan kaki. Selain sehat, juga dapat menghemat serta mengurangi polusi," tambahnya. (afi)