Hewan Kurban Harus Dibagi Secara Adil

Hewan Kurban Harus Dibagi Secara Adil

  Selasa, 13 September 2016 10:06
BERKURBAN: Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menyerahkan hewan kurban kepada pengurus mesjid di beberapa kecamatan di Kabupaten Landak.

Berita Terkait

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan para pengurus masjid agar membagikan hewan kurban secara adil. Dengan begitu, lanjut dia, umat Islam yang kurang mampu bisa ikut merasakan Iduladha.

“Jangan malah dibagikan kepada mereka yang setiap hari makan daging. Tetapi bagikan ke mereka yang jarang makan daging,” pesan Cornelis ketika menyerahkan bantuan hewan kurban ke beberapa Masjid di Kecamatan Ngabang dan Desa Jatak, Desa Darit di Masjid Al Ikhlas ujung Pasar Darit Kecamatan Manyuke.

Selain itu diserahkan juga hewan kurban di Kecamatan Menjalin, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.

Di Kecamatan Air Besar, Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar Frederika Cornelisjuga menyerahkan hewan kurban yang diterima langsung pengurus Masjid Nurul Yakin, Serimbu.

Cornelis mengaku menyisihkan pendapatannya agar dapat memberikan bantuan hewan kurban ini. Bantuan hewan kurban ini, kata dia, diperuntukkan masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi. Karena itu dia kembali mengingatkan agar pengurus masjid membagikannya secara adil.

Menurutnya, momen Iduladha sebagai wujud pembinaan umat beragama. Karena itu dia meminta agar penerimanya tidak melihat besar kecilnya hewan kurban yang diserahkan namun melihat ketulusan pemberi bantuannya. 

“Jangan teriak-teriak kalau menyumbang. Jangan perdebatkan bantuan yang diberikan, meskipun itu dari kami Katolik. Bantuan ini sebagai bentuk partisipasi kami terhadap umat beragama lain,” terangnya.

Sebab dia menilai meski berbeda agama, tapi umat Islam di Kalbar adalah masyarakatnya sehingga tidak boleh ada diskriminasi. (mse)

 

Berita Terkait