Hay Trans Siapkan Layanan Ambulan Gratis

Hay Trans Siapkan Layanan Ambulan Gratis

  Rabu, 11 January 2017 09:30
LAYANAN VIA ONLINE: Kebutuhan transportasi publik yang meningkat membuat Hay Trans ikut meramaikan bisnis ojek aplikasi. Perbedaannya Hay Trans memberikan layanan cuma-cuma bagi yang membutuhkan ambulance. RAMSES/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Kembangkan Pelayanan Transportasi Ojek Berbasis Aplikasi

Lahan bisnis ojek berbasis aplikasi atau online masih menarik minat di pasaran. Apalagi kebutuhan transportasi publik di kota besar membuat peluang bisnis ini kian menjanjikan. Setelah diramaikan oleh pemain seperti Bujang Kurir, Tripy, Ajem, Poncar dan Mr Jek di Pontianak. Hay Trans hadir sebagai pemain baru di bisnis ini. 

RAMSES TOBING, Pontianak

SALAH satu pendiri Hay Trans Ari Sandy menuturkan, kebutuhan akan transportasi publik mengantarkan ia dan kedua rekannya, Adika Putra dan Abdul Halim untuk terjun menggeluti bisnis ini. “Memang sudah ada pemain sebelum tapi kami hadir dengan warna yang berbeda,” kata Ari Sandy kepada Pontianak Post Selasa (10/1).

Warna yang berbeda yang dimaksud Ari itu salah satunya harga. Untuk Hay Taksi misalnya. Tarif yang dibebankan sebesar Rp6.500 perkilonya. Tarif inipun tidak akan dikenakan tambahan biaya. Sama halnya untuk Hay Ojek. Ia memastikan tarif yang ditawarkan pun lebih murah yakni hanya Rp3.300. “Apakah dalam perjalanannya macet atau lain hal tetap tidak dikenakan tambahan biaya permenit,” kata Ari saat didampingi kedua pendiri lainnya.

Selain harga kemudian fitur yang ditawarkan. Misalnya untuk perjalanan ke bandara. Meskipun penghitungan dihitung dengan tarif perkilo tapi dalam pembayarannya hanya menggunakan tarif batas maksimal. “Tetap dihitung Rp6.500 perkilo. Tapi jika total pembayarannya Rp 148 ribu. Konsumen hanya membayar Rp100 ribu saja. Tapi jika di bawah Rp100 ribu tetap dihitung tarif perkilo dengan minimal order Rp25 ribu,” jelas dia.

Selain murah, ia menyatakan konsumen akan mendapatkan harga yang transparan ketika mengorder pesanan. Harga itu langsung tertera pada aplikasi yang sudah didownload. “Jadi konsumen langsung mengetahui berapa yang harus dibayarkan,” ujar dia. 

Lalu fitur yang menjadi unggulan adalah Hay Ambulance Gratis. Untuk fitur itu, Hay Trans menjalin kerjasama dengan pihak kedua. Ini merupakan layanan ekstra yang diberikan secara cuma-cuma kepada pelanggan yang membutuhkan.  “Ini yang membedakan kami dengan lainnya yakni memiliki fitur sosial. Kami berikan layanan ini secara gratis,” ujar dia. 

Sedangkan fitur lain yang ditawarkan seperti Hay Kuliner, Hay Kurir dan Hay Carter. “Untuk Hay Carterr tarifnya disesuaikan dengan perjalanan konsumen,” kata dia. 

Meski terbilang baru Hay Trans sudah memiliki 30 driver dari berbagai armada. Baik itu motor maupun mobil. Saat ini driver sudah dimaping pada tiap kecamatan di Pontianak dan beberapa kecamatan di Kubu Raya. “Jadi tidak perlu menunggu lama. Begitu diorder maka driver yang terdekat akan langsung menjemput konsumen,” jelas Ari. 

Kendati demikian ia mengaku persaingan bisnis tetap dihadapi ketika beberapa aplikasi ojek serupa sudah lebih dulu mengaspal di jalan. Namun Ari tetap menaruh optimis sebab memiliki fitur layanan unggulan dan harga yang lebih murah. 

Kemudian juga konsumen akan mendapatkan layanan yang tepat waktu, aman dan nyaman. Dari sisi keamanan pun driver dilengkapi dengan jaminan asuransi. Kemudian batas kecepatan hanya 40-60 km/jam.  “Dengan kelebihan ini, maka konsumen mendapat layanan yang aman, nyaman dan transparan dari kami,” ujar dia. 

Ari mengaku tertarik terjun di bisnis ini bersama kedua rekannya Adika Putra dan Abdul Halim karena melihat perkembangan Kota Pontianak cukup pesat. Hal itu berdampak pada kebutuhan tranportasi yang juga ikut meningkat. 

“Disaat kebutuhan transportasi meningkat dibarengi dengan maraknya pengguna gadget maka kami mencoba memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menggunakan transportasi publik yang aman dan nyaman,” jelasnya. Masyarakat bisa menikmati kemudahan transportasi publik ini setelah mengunduh aplikasi Hay Trans di Google Play dan App Store. (*)

Berita Terkait